Breaking News:

Berita Video

VIDEO Fenomena Awan Pelangi Atau Cloud Iridescence yang Viral di Kota Manado

Fenomena alam yang indah ini tampak ditengah proses Pemilihan Serentak 2020 di Kota Manado, dan sempat menghebohkan warga.

Editor: Rizali Posumah

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebuah fenomena alam awan berwarna pelangi terjadi dilangit kota manado pada Rabu (9/12) pagi.

Fenomena alam yang indah ini tampak ditengah proses Pemilihan Serentak 2020 di Kota Manado, dan sempat menghebohkan warga.

Video amatir yang diunggah di akun youtube Jahaman Gaming memperlihatkan penampakan fenomena alam ini terjadi di satu titik dan terlihat begitu jelas dari tangkapan kamera telepon genggamnya.

Sejak pagi hari, fenomena alam yang unik ini sudah menghebohkan warga setempat, sejumlah warga lainnya tampak mengabadikan momen tersebut dan membagikannya dibeberapa sosial media.

Cloud iridescence atau irisation merupakan fenomena optik di awan.

Fenomena alam ini dapat terbentuk karena adanya difraksi (pantulan) dari sinar Matahari yang mengenai tetes air atau kristal es yang sangat kecil dan seragam bentuknya dalam sistem awan.

Utamanya ini terjadi pada sistem awan yang masih relatif tipis atau baru tumbuh, karena pada kondisi tersebut umumnya komposisi awan masih didominasi parameter tetes air atau kristal es yang sangat kecil dan seragam bentuknya.

Sedangkan, ukuran kristal es yang lebih besar tidak menghasilkan warna-warni.

Akan tetapi dapat menyebabkan fenomena lain yaitu berupa lingkaran cahaya yang terlihat seperti mengelilingi Matahari atau yang dikenal cincin Matahari atau Halo.

Alhasil, fenomena irisation ini warnanya yang tampak seperti pelangi itu, tepatnya menyerupai warna-warni seperti yang terlihat dalam gelembung sabun atau minyak pada permukaan air.

(Video Editor: Hana Olivia)

Baca juga: Terbentur Regulasi Rumit, Penghuni Rutan Malendeng Tak Bisa Sumbangkan Suaranya

Baca juga: ODSK Sapu Bersih Delapan Kecamatan di Bolmong, Sebanyak Enam Kecamatan di atas 60 Persen

Baca juga: Hasil Hitung Cepat LSI Denny JA: Olly Steven Menang Telak, Unggul 58,11 Persen 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved