Breaking News:

Berita Pilkada

Bawaslu Manado Awasi Bansos Disalurkan di Masa Tenang, Taufik: Tidak ada Konsekuensi Hukum

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Manado, tetap mengawasi pembagian Bantuan Sosial (Bansos) dalam bentuk apapun baik dari calon.

chistian Wayongkere/tribunmanado
Taufik Bilfaqih koordinator divisi Pengawasan Bawaslu Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Manado, tetap mengawasi pembagian Bantuan Sosial (Bansos) dalam bentuk apapun baik dari calon maupun pemerintah.

Taufik Bilfaqih selaku koordinator divisi pengawasan, humas dan hub. antar lembaga dari Bawaslu Manado menghimbau kepada stakeholder, baik dari jajaran pemerintah, swasta maupun personal untuk menunda pembagian Bansos dalam bentuk apapun. 

Menurutnya, penundaan tersebut berkaitan dengan agenda pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). 

"Hal ini bertujuan agar bantuan yang diberikan tidak digiring pada misi politik praktis, sehingga itu, distribusi Bansos disarankan setelah pungut hitung 9 Desember nantinya," ucap Taufik, Senin (7/12/2020).

Menurut Taufik, meski saran ini telah disampaikan, dalam pantauannya masih terlihat agenda pendistribusian Bansos utamanya yang dilakukan oleh Pemerintah kota Manado

"Sesuai amanat undang-undang, Bawaslu harus mencegah potensi kecurangan, Kita sudah lakukan itu dalam hal mencegah politisasi Bansos. Namun, jika tidak diindahkan, maka Kami lakukan pengawasan melekat," tambah Taufik.

Memang disampaikan Taufik, tidak ada konsekuensi hukum jika saran Bawaslu tersebut tidak diindahkan. 

Namun, menurutnya, seyogyanya pihak terkait saling mendukung agenda menjaga kualitas demokrasi. 

"Pokoknya Kami awasi. Tidak hanya bansos dari pemerintah. Dari mana pun. Memang sangat disayangkan pihak terkait tidak saling mendukung misi menyelamatkan demokrasi dari politisasi bansos," ungkap anggota Bawaslu Manado tersebut.

Taufik juga mengghimbau agar masyarakat berpartisipasi publik untuk turut melaporkan bila dalam pendistribusian Bansos ada agenda penggiringan ke Paslon tertentu.

"Jika itu terjadi, selain dihentikan Kita berwenang memproses sesuai ketentuan yang berlaku," tutupnya.(fis)

Penulis: Fistel Mukuan
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved