Inflasi

BI: Pengendalian Inflasi Sulut Tergantung Penanganan Covid-19

Kurva kasus aktiv Covid-19 di Sulut harus terus ditekan dan dijaga pada level terkendali sehingga aktivitas sosial ekonomi masyarakat meningkat

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
NET
Inflasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pengendalian inflasi Sulut sangat bergantung dari penanganan Covid-19.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, Arbonas Hutabarat mengatakan, ke depan, pengendalian inflasi tidak dapat dilepaskan dari pergerakan aktivitas ekonom.

"Kurva kasus aktiv Covid-19 di Sulut harus terus ditekan dan dijaga pada level terkendali sehingga aktivitas sosial ekonomi masyarakat meningkat," kata Arbonas kepada Tribun Manado, Rabu (02/12/2020).

Meski berisiko memberikan tekanan inflasi, peningkatan aktivitas tentu akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Karena itu, BI memandang, upaya bersama serta sinergi seluruh dinas dan kementerian/lembaga terkait untuk menjaga ketersediaan pasokan komoditas strategis perlu dilakukan dalam pengendalian inflasi di tengah potensi peningkatan permintaan.

Ketersediaan pasokan dan manajemen stok pangan akan Iebih efektif bila dilakukan antar daerah dengan memanfaatkan sumber daya daerah yang berlebih.

Koordinasi lintas TPID kabupaten kota terutama dengan TPID di wilayah produsen pangan penting diperkuat untuk mengantisipasi potensi permasalahan pasokan, distribusj maupun keterjangkauan harga secara dini.

Selain itu salah satu langkah strategis yang potensial adalah dengan membangun Kerjasama Antar Daerah (KAD) yang diharapkan akan mendukung terciptanya mekanisme perdagangan komoditas strategis yang Iebih efisjen di Manado dan Kotamobagu.

Manado-Kotamobagu Inflasi di November, BI: Indikator Pemulihan Ekonomi Daerah

Kota Manado mengalami inflasi sebesar 0,27 persen (mtm) di Bulan November 2020.

Sementara Kota Kotamobagu juga inflasi 0,65 (mtm), tertinggi di Pulau Sulawesi.

Dengan demikian, inflasi tahunan Manado dan Kotamobagu masing-masing tercatat sebesar -0,27 persen (yoy) dan sebesar 3,21 persen (yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, Arbonas Hutabarat menjelaskan, inflasi tahunan Manado tersebut berada dibawah rentang target inflasi nasional 3±1 persen (yoy).

"Adapun inflasi Kotamobagu masih bergerak dalam rentang target dimaksud," ujar Arbonas kepada Tribun Manado, Rabu (02/12/2020).

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved