Breaking News:

RHK Minggu 22 November 2020

Berjalan Sambil Mengajar

Yesus memiliki cara tersendiri dalam mengajar dan memberitakan firman Allah. Pemberitaan dan pengajaran yang dilakukan-Nya

Istimewa
Renungan Harian Kristen 

Lukas 13:22

TRIBUNMANADO.CO.ID - Yesus memiliki cara tersendiri dalam mengajar dan memberitakan firman Allah. Pemberitaan dan pengajaran yang dilakukan-Nya, sangat kontekstual. Sesuai kebutuhan jemaat serta situasi dan kondisi di mana Dia berada dan kepada siapapun Dia mengajar.

Renungan Harian Kristen
Renungan Harian Kristen (Istimewa)

Nyaris tidak pernah Dia berkhotbah atau mengajar secara formalistik di atas 'mimbar.' Di atas perahu, ketika sedang duduk di atas bukit, di bebatuan, di tengah orang sakit bahkan di mana saja. Bahkan, sambil berjalan keliling-keliling desa dan kota sembari memasuki Yerusalem, Dia tetap mengajarkan tentang firman Tuhan.

Seperti dalam firman Tuhan hari ini.
Kemudian Yesus berjalan keliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem. (ay 22)

Perjalanan Yesus tentu tidak sebentar. Dia berjalan, bukan naik keledai, kuda, unta apalagi kendaraan bermotor, sepeda motor mobil dll. Tidak! Dia berjalan sambil diikuti orang banyak. Semua orang yang Dia jumpai, diajar-Nya tentang firman Allah.

Memang ketika itu tidak ada mobil, sehingga hati kita mungkin sinis mengatakan demikian, meski hanya dalam hati saja. Bahwa kalau saja ada mobil, pasti Yesus naik mobil. Tapi, Yesus mengajar tidak formalistik. Tapi kontekstual. Tidak pilih-pilih orang, tapi semua orang. Tidak dibatasi oleh situasi dan kondisi, tempat atau wilayah. Tapi dalam segala situasi dan di setiap tempat. Tiada pernah berhenti dan tak kenal lelah, Yesus mengajar banyak orang bahkan semua orang yang Dia jumpai.

Perjalanan yang dilalui Yesus dengan jalan kaki itu, tidak pendek. Tapi cukup panjang, melintasi kota-kota, desa ke desa. Puluhan kilometer. Dia mengajar bukan hanya dengan kata-kata, tapi dengan contoh dan teladan.

Yesus mengajarkan apa yang Dia lakukan dan melakukan apa yang Dia ajarkan. Sehingga perkataan dan perbuatan Yesus, kongruen atau sebangun atau seirama, serasi. Tidak hanya manis di bibir lain di hati dan jahat dalam perbuatan.

Baca juga: Stres Karena Sering Bertengkar dengan Istri, ZR Nekat Bakar Diri di Rumah Mertua

Baca juga: 5 Hal Sepele Bisa Bikin Wajah Lebih Tua Dari Umur, Hal Pertama Berkaitan dengan Penggunaan Kacamata

Baca juga: 5 Hal Sepele Bisa Bikin Wajah Lebih Tua Dari Umur, Hal Pertama Berkaitan dengan Penggunaan Kacamata

Sahabat Kristus, bagaimana dengan kita di zaman now? Ke mana saja, kita melayani, hampir selalu difasilitasi. Perjalanan kita diongkosi. Bahkan kita tinggal pilih kendaraan. Malah kita sering masih mengeluh.

Masalah lainnya, masih ada yang "memanfaatkan" pelayanan untuk pencitraan diri, mencari keuntungan pribadi maupun kelompok dari pelayanan. Bahkan mengendalikan pelayanan untuk kepentingan diri, keluarga dan kelompoknya.

Tuhan Yesus telah mengajarkan kita dalam "perjalanan-Nya" di masa kini agar kita melayani dan mengajar jemaat dan sesama tentang firman untuk kemuliaan Allah.

Seperti Kristus, kita hendaknya siap berkorban waktu, tenaga, pikiran dan harta untuk kemuliaan Tuhan. Bukan memanfaatkan dan memelintir keinginan kita menjadi keinginan pelayanan.

Marilah kita berjalan dan mengajar seperti Yesus, dengan tanpa lelah, dan terarah hanya untuk kemuliaan Kristus. Ajarlah semua orang tentang kebenaran firman Tuhan lewat sikap, prilaku, perkataan atau perbuatan kita yang memuliakan Allah kita.

Inilah yang Kristus kehendaki untuk diperbuat oleh setiap keluarga Kristen, mengajar banyak orang dalam keteladanan. Lakukanlah kehendak-Nya, Tuhan Yesus pasti memberkati kita dan keluarga. Amin

Doa: Tuhan Yesus, ajarlah kami selalu menjadi surat Kristus yang terbuka bagi semua orang sebagai bentuk pengajaran kami tentang firman-Mu kepada sesama. Amin

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved