Breaking News:

Pilkada 2020

Pungut Hitung Suara di TPS, Terapkan Protokol Kesehatan

KPU menggelar Media Gathering bersama wartawan, dan menghadirkan 3 orang narasumber menyampaikan terkait tujuan dan teknis pelaksanaan pungut hitung

Tribun manado / Christian Wayongkere
pelaksanaan Media Gathering bersama wartawan, dan menghadirkan tiga orang narasumber menyampaikan terkait tujuan dan teknis pelaksanaan pungut hitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Bagaimana jalannya pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS), dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut serta Wali kota dan Wakil Wali Kota Bitung 9 Desember 2020 nanti.

Akan disimulasikan oleh KPU Kota Bitung, Kamis (12/11/2020) hari ini, di TPS 7 Kelurahan Manembo-Nembo Kecamatan Matuari Kota Bitung tepatnya di dekat Stadion Duasudara.

Guna mempersiapkan itu KPU menggelar Media Gathering bersama wartawan, dan menghadirkan tiga orang narasumber menyampaikan terkait tujuan dan teknis pelaksanaan pungut hitung seperti tanggal 9 nanti yang akan disimulasikan Kamis besok.

"Simulasi ini dalam rangka pemilihan di tengah pandemi Covid-19, ini penting melihat regulasinya agar bisa diketahui. Khusus protokol kesehatan harus dilakukan oleh penyelenggara di TPS sehingga penting untuk dilakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara," kata satu di antara narasumber Ardiles Mewoh Ketua KPU Provinsi Sulut melalui sambungan zoom meeting, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Kabupaten Bolmong Masih Butuh 32 Dokter

Baca juga: Pasca-Pandemi Covid-19, Wisata Kuliner Boulevard Bolsel Kembali Ramai 

Baca juga: Polda Sulut Laksanakan Operasi Mantap Praja 2020 dalam Debat Tahap II

Lewat simulasi ini masyarakat bisa mengikuti dan menyaksikan, kondisi real di dalam TPS yang melakukan pengut hitung yang jauh berbeda dari baiasanya.

Dia berharap peran media untuk menyebar luaskan informasi terkait proses di dalam TPS, yang akan disimulasikan Kamis besok.

Begitu juga dengan penerapan protokol kesehatan di TPS bisa diketahui masyarakat, agar mereka tidak khawatir datang ke TPS untuk memilih calon pemimpin daerah.

Baca juga: Debat Sesi II, Olly-Steven Gemilang Paparkan Capaian Sulut Hebat

"Sekali lagi pada Pilkada di tengah pandemi covid-19, yang namanya protokol kesehatan bakal dengan ketat kami terapkan melalui penyelenggara di TPS, kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan petugas ketertiban TPS," tegasnya kembali.

Melalui peran media mewartakan proses simulasi pungut hitung di TPS, KPU mengajak partisipasi masyarakat di tanggal 9 Desember 2020 meski dalam kondisi pandemi Covid-19 agar partisipasi untuk datang memilih di TPS tidak menurun.

Ardiles memberi contoh, seperti yang terjadi di Amerika Serikat, partisipasi pemilih  meningkat meski dalam suasana pandemi covid-19. Banyak pemilih memberikan dan menggunakan hak pilihnya.

Halaman
123
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved