Breaking News:

Berita Bolmut

Antisipasi Bencana Alam, Kapolres Bolmut Beberkan Langkah-Langkah Pencegahan Bencana 

Dalam rangka kesiapsiagaan tanggap bencana alam Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso SH SIK melaksanakan Apel Gelar Pasukan

Istimewa
Pemerintah Kabupaten Bolmut bersama TNI-Polri melaksanakan Apel Gelar Pasukan bersama Instansi terkait dalam rangka Antisipasi Bencana Alam di Lapangan Kembar Boroko 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Dalam rangka kesiapsiagaan tanggap bencana alam di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso SH SIK melaksanakan Apel Gelar Pasukan bersama Instansi terkait dalam rangka Antisipasi  Bencana Alam di Lapangan Kembar Boroko.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso,SH, SIK menyampaikan telah melaksanakan koordinasi bersama TNI dan Forkopimda.

“TNI Polri bersama Forkompinda dan Instansi lainnya telah melaksanakan rapat koordinasi terkait penyamaan persepsi dalam penanganan bencana alam di wilayah Kabupaten Bolmut” ungkap Kapolres Bolmut.

Lanjutnya, dalam rangka penanggulangan bencana, telah satu persepsi untuk melalukan langkah-langkah mencegah dan mengantisipasi jatuhnya korban jiwa.

Baca juga: Realisasi Anggaran Dana Desa Tahap I-II Bolsel Capai 79 Persen, Pekan Depan Pengajuan Tahap III 

Baca juga: Soal Kepastian BLT Subsidi Gaji Termin II, Sekjen Kemenaker: Sebagian Sudah Kita Cairkan

Baca juga: BREAKING NEWS: Pjs Wali Kota Bitung Tinjau Simulasi, Pesan Ini ke KPU Bitung

“Hal ini dilakukan agar kita selalu siap siaga dan menyamakan persepsi dalam penanganan bencana alam di wilayah Kabupaten Bolmut, sehingga apabila kejadian bencana alam kita bisa cepat mengantisipasi korban jiwa maupun harta benda,” jelasnya.

Dikatakannya, Pemerintah juga telah menerima masukan dari masing–masing Forkopimda yang menjadi prioritas dalam penanganan bencana alam di wilayah yang jarak tempuh yang cukup jauh,

sehingga memerlukan waktu untuk sampai ke lokasi harus ada relawan tangguh di masing-masing Kecamatan untuk membackup terlebih dahulu menunggu perkuatan dari Kabupaten.

“Nantinya Komando dan pengendalian (Kodal) siapa berbuat apa masing – masing instansi akan mendapatkan tugas sesuai dengan tupoksinya, sehingga harapannya tidak ada kendala di lapangan terutama perkuatan personel," beber Kapolres.

Baca juga: Hadiri HUT SMK Negeri 1 Kaidipang, Ini Pesan Bupati Depri Pontoh Majukan Pendidikan di Bolmut

Kapolres Bolmut juga menambahkan, penanggulangan bencana alam harus dilakukan dengan menggunakan prinsip dan cara yang tepat dengan tujuan agar tidak terlalu berdampak buruk bagi para korban bencana.

Penekanan untuk diperhatikan dan dilaksanakan antara lain lakukan update data daerah rawan bencana, laksanakan penanganan bencana secara terpadu antar-stakeholder dan mempersiapkan personel yang siap digerakan setiap saat apabila terjadi bencana.

“Serta pengecekan terhadap peralatan dan perlengkapan terkait dengan penanggulangan bencana alam, melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, sehingga dapat mengantisipasi apabila terjadi bencana untuk segera dilaksanakan langkah cepat dan tepat,” pungkas Kapolres. (Mjr).

Baca juga: Tempuh Jarak 6.000 Kilometer, YNCI Chapter Bitung Touring ke Ibu Kota

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

 
 

Penulis: Majer Lumantow
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved