Breaking News:

Bumdes

Berdayakan Bumdes, DPMD Bolmut Konsepkan Program Pertamini Desa di Setiap Desa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) saat ini sedang mengkonsepkan penyediaan Pertamini Desa (PertaDes)

Tribun Manado / Mejer Lumantow
Kadis PMD Bolmut, Fadly Tadjudin Usup 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) saat ini sedang mengkonsepkan penyediaan Pertamini Desa (PertaDes) di setiap Kecamatan/Desa.

Hal ini bertujuan memberikan layanan dalam memenuhi kebutuhan BBM bagi masyarakat di pedesaan dan meningkatkan perekonomian di desa dengan melibatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sebagai pengelola Outlet penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina di setiap Kecamatan/Desa.

Kepala Dinas PMD Fadly Tadjudin Usup mengatakan konsep ini berdasarkan program dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),

yang bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) berupaya menyediakan sarana pengisian bahan bakar yang lebih praktis yang ada di seluruh Indonesia dengan menggunakan konsep Pertashop.

Baca juga: Direktur RSUD Noongan Dokter Merry Mawardi Ingatkan Edukasi Protokol Covid-19

Baca juga: Mantan Sekda Boltim Muhamad Assagaf All Out Menangkan SB-RG

Baca juga: Kesha Ratuliu Geram Disebut Jual Mobil untuk Biaya Nikah: Mulut Netizen Emang Minta Dijahit Ya!

"Saat ini kita sedang dalam tahap sosialisasi kepada para Sangadi untuk kemudian ditindaklanjuti, ini nanti akan melibatkan semua Desa yang ada, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat," jelas Fadly kepada Tribun Manado, Jumat (23/10/2020).

Dirinya juga sangat mengapresiasi adanya program tersebut untuk memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) masyarakat Desa yang jauh dari SPBU.

“Yang terpenting dengan adanya program ini dapat membantu meningkatkan perekonomian yang ada di Desa karena dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," ungkap Fadly.

Baca juga: AC Milan Makin Tunjukkan DNA Tim Besar, 21 Laga Tanpa Kekalahan, Terakhir Taklukkan Celtic 1-3

Kata dia, karena hal ini akan memberdayakan BUMdes di setiap desa sangat penting untuk mengelola dana Desa dengan baik dan benar untuk meningkatkan perekonomian Desa dengan program seperti ini.

“Karena selain untuk memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi masyarakat Desa,

program dengan konsep Pertashop ini juga dapat meningkatkan perekonomian Desa yang melibatkan pihak BUMDes sebagai pengelola sesuai dengan sinergi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan PT. Pertamina (Persero)," pungkas Kadis PMD. (Mjr)

Baca juga: Ambulans Partai Nasdem Dibakar, Sekretariat Dirusak, Ini Fakta-faktanya

 SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Penulis: Majer Lumantow
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved