Breaking News:

Penanganan Covid

Cegah Penularan Covid-19, DPMD Bolmut Bentuk Tim Gugus Tugas di Setiap Desa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bolmut menginstruksikan setiap Desa untuk membentuk Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19

Tribun Manado / Majer Lumantow
Fadly Tadjudin Usup 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menginstruksikan setiap Desa untuk membentuk Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19.

Hal ini kembali dilakukan untuk mengantisipasi penularan covid-19 dengan melakukan pengawasan kepada setiap warga Desa, baik yang sedang dalam kondisi sakit, maupun pengawasan di pintu masuk desa.

Dikatakan Kepala Dinas PMD Fadly Tadjudin Usup bahwa saat ini akan kembali mengaktifkan Gugus Tugas penanganan covid-19 di setiap Desa.

"Jadi kita akan aktifkan kembali Tim Satgas di setiap Desa yang dibentuk dan akan berkoordinasi dengan Tim Satgas Kabupaten untuk penanganan covid-19," jelas Fadly kepada Tribun Manado, Rabu (21/10/2020).

Baca juga: THL Cantik Ini Harap Pemimpin Bangun Jaringan Internet Hingga ke Pelosok

Baca juga: Kader Partai yang Membelot Akan Dipecat, Medy Lensun: 1 Keluar 1.000 yang Datang

Baca juga: Kepala PSDKP Jakarta Ujian Doktor, Kritik Habis Kebijakan Susi Pudjiastuti Ketika Jadi Menteri

Dikatakannya, Tim Satgas di setiap Desa ini nanti melakukan protokol-protokol kesehatan seperti penjagaan pintu masuk desa dengan mengecek setiap pendatang, melakukan thermoscan suhu tubuh, dan mensosialisasikan bahaya covid-19 ini kepada setiap warganya.

"Ini sudah disampaikan kepada Sangadi di setiap desa untuk membentuk Tim Gugus Tugas tersebut, saat ini sudah 50 desa dari 106 Desa yang ada di Kabupaten Bolmut yang telah membentuk Tim Gugus Tugas," ungkap Fadly.

Disini, kata dia, peran serta warga desa yang di pimpin oleh Sangadi juga sangat penting untuk bersama-sama bersinergi dengan pemerintah mencegah penularan covid-19 ini.

Baca juga: Calon Pengantin Pria Menghilang Jelang Pernikahan, Diduga Kabur dari Rumah, Keluarga Ngaku Malu

"Apabila ada warga yang sedang sakit atau menjurus ke covid-19, setiap desa wajib menyediakan gedung isolasi sementara, itu bisa di balai desa atau tempat yang ditentukan oleh pemerintah desa," jelas Kadis PMD.

Selain itu, sejumlah kegiatan nanti yang dapat dilakukan oleh setiap desa diantaranya melakukan pengawasan di pintu masuk desa,

menyediakan sarana cuci tangan, dan membeli kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker.

Baca juga: Di ILC Mahfud MD Bungkam Semua Kritik ke Pemerintah, Jenderal Gatot Diam Karni Ilyas Kena Singgung

Untuk anggaran, tambah dia, nanti setiap desa mengalokasikan anggaran untuk penanganan covid-19 itu di ambil dari APBDes.

Kadis juga mengimbau setiap warga Desa tetap konsisten melakukan protokol pencegahan covid-19 yaitu dengan 3M.

"Tetap menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan masker, serta tetap menjaga kesehatan, mari kita bersama-sama memerangi covid-19 ini, sehingga Kabupaten Bolmut bisa kembali menuju zona hijau bebas dari covid-19," pungkas Kadis PMD. (Mjr)

Baca juga: Hoaks Pjs Bupati Positif Covid-19 Berbuntut Panjang, Seret Oknum Legislator ke Ranah Hukum

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Penulis: Majer Lumantow
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved