Breaking News:

Penanganan Covid

Perda Penanggulangan Covid-19 Disahkan, Warga DKI Jakarta yang Tolak SWAB Test Denda Rp 5 Juta

Warga DKI Jakarta yang menolak melakukan rapid test atau swab test menggunakan metode PCR dapat dikenakan denda maksimal Rp 5 juta.

TRIBUN MANADO/ALPEN MARTINUS
Ilustrasi tes SWAB. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - DKI Jakarta mengalami keadaan luar biasa dan darurat wabah Covid-19.

Atas dasar tersebut aturan terkait penanggulangan Covid-19 dibuat.

Dalam aturan tersebut warga DKI Jakarta yang menolak melakukan rapid test atau swab test menggunakan metode PCR dapat dikenakan denda maksimal Rp 5 juta.

Baca juga: Aparat yang Amankan Demo Diingatkan Tidak Bawa Peluru Tajam, Mahfud MD: Perlakukan dengan Humanis

Baca juga: Peluk Erat Nagita Slavina, Raffi Ahmad Girang Dapat Hadiah Spesial: Ya Ampun Sayang, Makasih Ya

Aturan tersebut tertuang dalam Pasal 29 Peraturan Daerah Penanggulangan Covid-19 yang baru disahkan dalam rapat paripurna, Senin (19/10/2020).

"Setiap orang yang dengan sengaja menolak untuk dilakukan Reverse Transcriptase Polymerase Chain Reaction atau Tes Cepat Molekuler, dan/atau pemeriksaan penunjang yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dipidana dengan pidana denda paling banyak sebesar Rp 5 Juta," bunyi pasal 29 Perda Penanggulangan Covid-19.

Perda tersebut juga memuat aturan baru bagi warga yang menolak melakukan vaksin Covid-19.

Mereka yang menolak divaksin atau diobati juga bisa dikenakan sanksi denda administratif maksimal Rp 5 juta.

"Setiap orang yang dengan sengaja menolak untuk dilakukan pengobatan dan/atau vaksinasi Covid-19, dipidana dengan pidana denda paling banyak sebesar Rp 5 juta," bunyi Pasal 30.

Seperti diketahui, Perda Penanggulangan Covid-19 itu disusun karena DKI Jakarta mengalami keadaan luar biasa dan berstatus darurat wabah Covid-19.

Perda dibentuk agar aturan mengenai penanggulangan Covid-19 di Jakarta memiliki aturan yang lebih kuat dan lebih lengkap daripada dua peraturan gubernur (Pergub) sebelumnya yang menjadi payung hukum penanganan Covid-19 di Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Warga DKI yang Tolak Swab Test dan Vaksin Covid-19 Bakal Didenda Maksimal Rp 5 Juta

https://www.tribunnews.com/metropolitan/2020/10/20/warga-dki-yang-tolak-swab-test-dan-vaksin-covid-19-bakal-didenda-maksimal-rp-5-juta

Editor: Ventrico Nonutu
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved