Breaking News:

Yasti Klaim Olly-Steven Unggul 65 Persen

Bolaang Mongondow di bawah naungan beringin. Itu ‘lagu lama’ saat Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi

Istimewa
Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagouw dan Olly Dondokambey berswafoto dengan masyarakat. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Bolaang Mongondow di bawah naungan beringin. Itu ‘lagu lama’ saat Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey-Steven Kandouw (39,74 persen) kalah dari paslon Partai Golkar, Benny Mamoto-David Bobihoe (44,99 persen) pada Pilgub Sulut 2015.

Kini Pilgub 2020. Bolmong bakal jadi kandang banteng. Indikasi itu terlihat dari bocoran hasil survei yang dibeberkan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow. "Survei terakhir pasangan Olly-Steven unggul di Bolmong dengan 61 hingga 63 persen," kata Yasti dalam pertemuan dengan wartawan Biro Bolmong, Jumat pekan lalu.

Baca juga: Sosok Seperti Jakob Oetama Baru akan Lahir 50 - 100 Tahun Lagi

Sebagai perbandingan, hasil survei yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) KCI Network, Minggu (13/9/2020), menyebut elektabilitas petahana mencapai 68,1 persen. Jauh meninggalkan pasangan Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar yang beroleh 16,9 persen dan pasangan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene dengan 7,2 persen.

Menariknya di Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang diperkirakan daerah sulit, ternyata mudah bagi Olly-Steven untuk meraup suara. Dapil BMR dan Minahasa Selatan-Minahasa Tenggara, petahana masih di atas pasangan lain. Menurut Yasti, perolehan suara petahana menunjukkan tren melejit. Ia hakul yakin raihan suara petahana di Bolmong dapat menembus 65 persen. "Trennya terus meningkat," katanya.

Ia menuturkan, semua poros kekuatan Olly-Steven di Bolmong gotong royong untuk memenangkan pasangan tersebut. "Dengan Pak Yani (Yanni Tuuk) saya jalan bersama," katanya.
Setiap poros kekuatan, sebutnya, punya tugas masing-masing. PDIP misalnya menggerakkan
masin partai di desa. PDIP memang punya kekuatan melimpah di Bolmong. Yasti dalam sejumlah kesempatan menjanjikan sumbangan 1.000 persen kemenangan bagi Olly-Steven dalam Pilgub 2020.

Selain dukungan Yasti, sekurangnya ada tiga poros kekuatan yang menopang kekuatan Olly-Steven di Bolmong. Poros pertama adalah mesin PDIP. Banteng adalah kampiun di Pileg 2019 dengan tujuh kursi. Mesin partai terus dipanaskan dengan konsolidasi partai hingga ke pelosok desa.

Bendahara DPC PDI P Bolmong Welty Komaling sesumbar Olly-Steven meraih 80 persen suara di Bolmong. "Konsolidasi partai berjalan dengan baik. Dengan kerja keras dan gotong royong kami berkeyakinan bisa menang 80 persen," ujarnya.

Para anggota DPRD Bolmong dari PDIP juga berlomba lomba memenangkan
Olly-Steven di wilayahnya. Seperti Wolter Barakati dan Ramono. Kedua politisi muda ini memasang target 80 persen kemenangan Olly-Steven di kandang masing-masing. "Target 80 persen," ujar Wolter.

Baca juga: 55 Persen Publik Ingin PSBB Dihentikan

Poros kekuatan kedua adalah dukungan partai Islam yakni PKB dan PPP. Kedua partai ini bakal mengunci suara Muslim untuk petahana. PKB punya empat kursi di DPRD Bolmong.
Jaringan GP Ansor di Bolmong pun cukup solid. Sementara PPP punya dua kursi dan punya pengaruh kuat di daerah berbasis Muslim seperti di kawasan pantai utara. Ketua Fraksi PKB Supandri Damogalad mengatakan, warga Bolmong cukup dewasa untuk menentukan pemimpin yang pluralis. "Warga akan memilih pemimpin yang membawa kemajuan bagi daerah," kata dia.

Supandri mengimbau agar kampanye jadi ajang adu program serta tidak mempolitisasi agama. Ketua DPC PPP Bolmong Satira Manoppo menjamin pihaknya tegak lurus mendukung Olly-Steven. "Ini sudah merupakan perintah dari pusat untuk mengamankan suara Olly-Steven di Bolmong," katanya.

Ungkap Satira, partainya fokus menggarap kantong suara partainya seperti di kawasan pantai utara. Dia hakul yakin daerah-daerah yang kini ‘menguning’ bisa memilih Olly-Steven pada 9
Desember nanti. "Saya yakin itu," kata dia.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved