BPTP Balitbangtan Sulut

BPTP Balitbangtan Sulut Dampingi Petani Bunga Tomohon, Kembangkan Krisan Hulu ke Hilir

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sulut melakukan pendampingan pengetahuan dan teknologi pertanian bagi petani bunga

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: David_Kusuma
Istimewa/BPTP Sulut
Kepala BPTP Sulut, Dr Steivie Karouw STP MSc dan jajaran mengunjungi petani bunga di Komplek Show Window Agrowidyawisata Kota Tomohon, belum lama ini 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sulut melakukan pendampingan pengetahuan dan teknologi pertanian bagi petani bunga di Kota Tomohon.

Secara khusus, BPTP Balitbangtan Sulut melakukan pendampingan kepada petani bunga untuk keberlanjutan budidaya Bunga Krisan asli Tomohon dari hulu sampai hilir.

Kepala BPTP Sulut, Dr Steivie Karouw STP MSc menjelaskan, pihaknya akan melakukan pendampingan mulai dari pengembangan varietas, pemanfaatan teknologi, sampai kepada pemasaran lokal maupun rencana eskpor ke Luar Negeri.

"Belum lama ini kami menemui sejumlah petani bunga di Tomohon, bersama dengan Dinas Pertanian Kota Tomohon," katanya kepada Tribun Manado, Rabu (07/10/2020).

Ini 4 Kriteria Pemimpin Dalam Budaya Mongondow, Tak Ada Keharusan Memilih dari Etnis yang Sama

Hasil Wawancara DN Aidit saat Masih Hidup, Ubah Nama Jabatan di PKI Gara-gara Ditanya Orang Manado

KSPSI dan KSPI Tetap Tolak UU Cipta Kerja, Andi Gani dan Said Iqbal Temui Presiden Jokowi

Terkait itu, BPTP dan Dinas Pertanian Kota Tomohon akan menggandeng Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado yang membidangi ekspor untuk ikut terlibat dalam  budidaya Krisan.

Karouw bilang, potensi tanaman hias asli Tomohon sangat besar. Katanya, meskipun saat ini tak ada event Tomohon International Flower Festival (TIFF), peluang pasar sangat terbuka untuk skala lokal maupun regional dan ekspor.

"Pendampingan kami lakukan sebagai  upaya membantu para petani dalam mengembangkan usaha serta untuk meningkatkan pendapatan," katanya.

OJK Pacu Inklusi Keuangan demi Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional

KRONOLOGI Kebakaran yang Tewaskan Satu Keluarga, Kakek, Menantu dan Tiga Cucunya, Ini Nama Korbannya

Ia bilang, dalam pertemuan dengan petani bunga Tomohon akhir bulan lalu, pihaknya mendengar apa saja yang menjadi kendala budidaya, pemasaran dan harapan petani.

"Apa saja kendala sejak penangkaran benih hingga pemasarannya bagaimana," jelasnya.

Adapun kelompok tani bunga yang dikunjungi BPTP Sulut, Kelompok Tani Metuari Kakaskasen 2; Kelompok Tani Krisan Indah Kakaskasen 1; Kelompok Tani Krekleli Kakaskasen 3; Show Window Agrowidyawisata Kota Tomohon dan Kelompok Tani Sangkor Piet Pusung.

Kabar Baik, Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Indonesia Meningkat, Capai 73 Persen Oktober 2020

KISAH Eddie Van Halen, Sosok Gitaris Rock Legendaris Meninggal Setelah Berjuang Melawan Kanker

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved