Breaking News:

Berita di Bolmut

Penolakan Pasien di RSUD Bolmut, Dirut RSUD: Itu Hanya Miskomunikasi

Bupati Bolmut Depri Pontoh menegaskan kepada Direktur RSUD dan Kepala Dinas Kesehatan untuk lebih memaksimalkan komunikasi

TRIBUNMANADO/MEJER LUMANTOW
Dirut RSUD Bolmut dr Winny Soewikromo 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Adanya penolakan pasien bersalin di RSUD Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) membuat Bupati Bolmut Depri Pontoh memanggil Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolmut.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Bolmut Depri Pontoh menegaskan kepada Direktur RSUD dan Kepala Dinas Kesehatan untuk lebih memaksimalkan komunikasi dalam memaksimalkan pelayanan.

”Selama empat hari saya pantau informasi publik baik kritikan masyarakat dan insan pers dimedia sosial. Pejabat publik sangat tidak etis mengumbar pelayanan di media sosial," tutur Bupati dalam rapat yang dihadiri langsung Wakil Bupati Amin Lasena dan Sekertaris Daerah Asripan Nani.

Penolakan Pasien di RSUD Bolmut, Dirut RSUD: Itu Hanya Miskomunikasi

Mimpi Bertemu Glenn Fredly yang Sedang Tersenyum, Mutia Ayu: Dia Pegang Tangan Aku

Bupati mengungkapkan RSUD Bolmut merupakan jantung kesehatan yang dimiliki pemerintah daerah, pelayanan yang baik atau buruk sangat mempengaruhi kinerja pemerintah.

Untuk itu, dalam memaksimalkan pelayanan sangat dibutuhkan sinergitas kinerja antara Dinas Kesehatan dan RSUD Bolmut.

Kepala Dinas Kesehatan dr Jusnan C Mokoginta, MARS mengatakan pelayanan yang terjadi di RSUD Bolmut kepada pasien ibu melahirkan yang dirujuk pada Sabtu akhir pekan lalu bukanlah penolakan, namun hanya miskomunikasi.

”Pasien bukan ditolak, hanya kesalahan komunikasi yang terjadi antara pihak RSUD Bolmut dan PKM Buko,” ujar Mokoginta

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolaang Mongondow Utara dr Winny Soewikromo angkat bicara usai rapat bersama Bupati di Ruang rapat kerja pimpinan daerah.

Dalam penjelasannya, Direktur RSUD mengatakan hal yang sama sebagaimana di utarakan Kepala Dinas Kesehatan dr Jusnan Mokoginta, MARS, bahwa pasien yang dirujuk oleh Puskesmas Buko Kecamatan Pinogaluman pada Sabtu pekan lalu bukan ditolak, namun hanya kesalahan komunikasi.

”Bupati menginginkan menajemen pelayanan kesehatan yang ada di RSUD dan PKM lebih dioptimalkan lagi kedepannya. Dengan adanya kasus yang terjadi menjadi contoh agar tidak akan terulang kembali dan menjadi bahan evaluasi bersama, hanya karena miskomunikasi pelayanan, ” ujar Soewikromo.

Soewikromo pun mengharapkan kerjasama yang baik kepada insan pers yang ada di Bolmut agar tidak memojokkan RSUD, apabila ada pelayanan yang kurang baik atas keluhan masyarakat.

”Selalu memojokkan pihak RSUD apabila ada pelayanan yang kurang baik kepada masyarakat. Minta Direktur di copot dan sebagainya. Kami pun sadar sama seperti kalian manusia biasa yang tak pernah luput dari kesalahan,” ujarnya.

Kedepan, kata dia, untuk meningkatkan pelayanan, pihaknya akan membentuk Tim Hubungan Masyarakat (Humas) dalam waktu dekat, agar seluruh informasi baik keluhan dari masyarakat dan hal – hal yang dibutuhkan oleh media akan tersaring tanpa adanya miskomunikasi lagi.

"Nantinya RSUD akan menyiapkan tiga (3) kontak layanan keluhan yang dipampang di depan gedung untuk lebih memudahkan akses informasi," tutup Soewikromo. (Mjr).

Penulis: Majer Lumantow
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved