Breaking News:

Amalan dan Doa

Hadits Menyebutkan Puasa Sunah Nabi Daud Adalah Puasa yang Paling Disukai Allah

Sebaik-baik salat di sisi Allah adalah salatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud.

Tribunwow
Ilustrasi puasa sunah. Dalam Islam ada macam-macam amalan puasa sunah, salah satunya puasa Nabi Duad. Dalam hadits disebutkan bahwa puasa ini adalah puasa yang paling disukai Allah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada banyak jenis puasa sunah dalam Islam, yang bisa dijalani oleh kaum muslimin salah satunya puasa daud. 

Puasa daud ini adalah puasa yang paling disukai oleh Allah.

Dalam salah satu hadits nabi yang diriwayatkan Bukhari dari Abdullah bin Amir bin Al Ash disebutkan, bahwa Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

“Sebaik-baik salat di sisi Allah adalah salatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau salat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu sehari puasa dan tidak puasa di hari berikutnya.”

Hadits lain yang diriwayatkan oleh Bukhari juga menyebutkan: 

“Rasulullah Muhammad SAW bersabda, ‘Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdlal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu ‘anhu) berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu.”

Berikut ini bacaan doa niat puasa Daud lengkap dengan teks latin dan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shauma Daawuda Sunnatan Lillaahi Ta'alaa

Artinya: "Saya Niat Puasa Daud, Sunnah Karena Allah Ta'ala".

Halaman
1234
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved