Breaking News:

NEWS

Pengamat Kebijakan Publik Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jangan Sampai Diboncengi Kepentingan

Pengamat Kebijakan Publik Sulut Stefanus Sampe mengatakan dalam manajemen keuangan pemerintahan salah satu indikator untuk menilai kinerja pengelolaan

TRIBUN MANADO/NIELTON DURADO
Stefanus Sampe 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pengamat Kebijakan Publik Sulut Stefanus Sampe mengatakan dalam manajemen keuangan pemerintahan salah satu indikator untuk menilai kinerja pengelolaan suatu program pemerintah adalah tingkat penyerapan anggaran.

Dalam hal ini, kalau tingkat penyerapan anggaran terhadap suatu program tinggi berarti kinerja pengelolaan program tersebut baik, dan sebaliknya. Kenapa demikian, karena dengan tingkat penyerapan anggaran ini kita dapat mengetahui gambaran kinerja atau kemampuan dari pemerintah dalam hal ini kemampuan pemerintah daerah dalam melaksanakan dan mempertanggungjawabkan suatu program yang sudah direncanakan dan ditetapkan untuk penanggulangan wabah covid19.

Semakin besar tingkat penyerapan anggaran, akan semakin besar efek program pemerintah dalam menangani dan mengurangi keterpurukan akibat wabah covid 19 dan akan semakin cepat tujuan program penanggulangan wabah covid 19 terlaksana.

Yang menjadi kunci dalam penyerapan anggaran ini adalah "political will" dari kepala daerah dan birokrasi di daerah yang menjalankan kebijakan ini.

Gubernur harus terus membangun komunikasi dan mendesak para bupati dan walikota untuk sesegera mungkin mencairkan dan memanfaatkan anggaran yang sudah tersedia untuk penanggulangan wabah covid 19.

Para bupati dan wallikota juga harus menunjukkan komitmen dan keberpihakan mereka terhadap masyarakat yang sedang mengalami kesulitan akibat wabah covid 19 ini dengan sesegera mungkin mempercepat penyerapan anggaran dalam berbagai bentuk kegiatan penanganan covid 19 yang telah direncanakan.

Jangan sampai dana-dana untuk penanggulangan covid 19 ini ditahan dan terlambat direalisasikan karena akan berdampak lebih buruk terhadap usaha penanggulangan wabah covid 19 itu sendiri dan pada akhirnya berpengaruh pada kinerja mereka sebagai bupati dan walikota. Apalagi menjelang pilkada, jangan sampai kemudian dana-dana penanggulangan covid 19 ini diboncengi dengan kepentingan pilkada. ( Tribunmanado/Mejer Lumatow)

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved