Breaking News:

Update Virus Corona Sulut

Satu Unit Mobil Lab PCR Segera Beroperasi, Dandel: Bisa Periksa 120 Sampel per Hari

Adanya mobil lab PCR ini, akan berdampak sangat baik untuk mempercepat diagnosa Covid-19.

Tribun Manado/Don Ray Papuling
juru bicara gugus tugas Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel 
TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bertambahnya satu unit mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), akan mempercepat deteksi dini penyebaran wabah Covid-19 di Bumi Nyiur Melambai.
Hal ini diungkapkan juru bicara gugus tugas Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel, saat dikonfirmasi Kamis (30/7/2020).
Ia mengatakan adanya mobil lab PCR ini, akan berdampak sangat baik untuk mempercepat diagnosa Covid-19.
"Disisi lain mobil lab ini, akan mengurangi jumlah antrian sampel di lab PCR baik di BTKLPP, BPOM Manado dan RSUP Prof Kandou," ujarnya.
Sebab tambah Dandel kapasitas pemeriksaan sampel mobil lab PCR bisa mencapai 120 sampel dalam waktu delapan jam, sehingga akan sangat membantu untuk mempercepat hasil pemeriksaan sekaligus mengurangi waktu tunggu di lab PCR yang saat ini sudah memakan waktu lama
"Untuk hasil pemeriksaan dari mobil lab PCR ini, sudah dipastikan sama dengan lab PCR, sebab mobil ini sudah berstandar WHO, dimana mobil laboratorium ini memiliki bio safety cabinet untuk pengerjaan sampel serta ruangan dengan negativ pressure yang di filtrasi menggunakan HEPA filter serta fasilitas pengaman lainnya untuk meminimalisir terpaparnya tenaga medis serta lepasnya virus ke lingkungan," tandanya
Sekedar informasi mobil lab PCR tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang dibanderol senilai Rp 4,2 miliar. (drp)
Penulis: Don Ray Papuling
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved