Breaking News:

Update Virus Corona Dunia

Uji Coba Vaksin Covid-19 Berhasil, 45 Relawan Tak Rasakan Efek Samping Serius, Ahli: ''Kabar Baik''

Vaksin eksperimental covid-19 yang dibuat perusahaan Moderna Inc terbukti aman dan memicu respons kekebalan tubuh pada 45 relawan.

NICOLAS ASFOURI / AFP
Seorang insinyur melihat sel-sel ginjal monyet ketika dia melakukan tes pada vaksin eksperimental untuk virus corona COVID-19 di dalam laboratorium Ruang Budaya Sel di fasilitas Biotek Sinovac di Beijing. Sinovac Biotech sedang melakukan satu dari lima uji klinis vaksin potensial yang telah disahkan di China, -Ilustrasi Penelitian Virus Corona. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabar gembira soal vaksin virus corona datang di tengah pandemi yang tengah melanda dunia.

Kabar gembira ini datang dari hasil eksperimental vaksin Covid-19 yang dibuat Moderna Inc.

Menurut informasi yang ada, vaksin eksperimental untuk covid-19 yang dibuat perusahaan Amerika Serikat, Moderna Inc terbukti aman.

Bahkan memicu respons kekebalan tubuh pada semua 45 relawan sehat yang menjalani uji coba tersebut.

ILUSTRASI Penelitian Virus Corona
ILUSTRASI Penelitian Virus Corona (Kompas TV)

Tidak ada relawan yang mengalami efek samping yang serius, tetapi lebih dari setengahnya melaporkan reaksi ringan atau sedang seperti kelelahan, sakit kepala, kedinginan, nyeri otot, atau nyeri di tempat suntikan.

Efek samping itu lebih mungkin terjadi setelah disuntikkan dosis kedua dan pada orang yang mendapat dosis tertinggi.

Hasil uji coba vaksin tersebut dilaporkan dalam jurnal medis, New England Journal of Medicine, yang dikutip scmp.com, Kamis, 16 Juli 2020.

Anthony Fauci, Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional AS, yang para perisetnya turut mengembangkan kandidat vaksin Moderna, menyebut hasil itu "kabar baik".

Ia bilang bahwa penelitian itu tidak menemukan efek samping yang serius, dan vaksin itu menghasilkan antibodi yang tinggi untuk membunuh atau menetralkan virus corona.

"Jika vaksin itu dapat memicu respons yang sebanding dengan infeksi alami, vaksin ini adalah pemenangnya," kata Fauci. "Itu sebabnya kami sangat senang dengan hasilnya".

Ilustrasi Vaksin Virus Corona
Ilustrasi Vaksin Virus Corona (Fresh Daily)
Halaman
123
Editor: Bravi Pangajouw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved