Bursa Efek Indonesia

HUT ke-28 Bursa Efek Indonesia, Menyambut Pasar Modal yang Kuat dan Berkelanjutan

Memasuki usia 28 tahun, BEI berkomitmen memajukan industri pasar modal pada khususnya, dan perekonomian Indonesia pada umumnya

kontan
Suasana di Bursa Efek Indonesia 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bursa Efek Indonesia (BEI) genap berusia 28 tahun pada 13 Juli 2020.

Memasuki usia 28 tahun, BEI berkomitmen memajukan industri pasar modal pada khususnya, dan perekonomian Indonesia pada umumnya.

Merayakan 28 tahun swastanisasi, BEI menyelenggarakan acara mengusung konsep semi virtual dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19 melalui Microsoft Teams, yang diikuti seluruh karyawan BEI dan beberapa undangan stakeholders di bidang pasar modal, meliputi Komisaris dan Direksi BEI dari Periode 1992.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, salah satu agenda perayaan HUT ke-28 BEI, adalah penyerahan hasil donasi rekan-rekan karyawan BEI berupa bantuan 1.500 kebutuhan bahan pokok untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di wilayah Jakarta dan Banten.

Dishub Boltim Gencar Razia Masker dan Masa KIR Pengendara

Penyerahan donasi secara simbolis tersebut turut disaksikan perusahaan tercatat, yaitu PT Wilmar Cahaya Indonesia Tbk, yang telah menyumbangkan 27.780 liter minyak goreng melalui program Pasar Modal Peduli Indonesia.

Bantuan kebutuhan pokok tersebut akan diberikan kepada beberapa pihak yang akan membantu pendistribusian bantuan tersebut ke masyarakat, yaitu Daarut Tauhiid Peduli Jakarta, Yayasan Ibnu Sina Peduli, LAZISNU Jakarta Pusat, Yayasan Yatim Mandiri Serang, KSPM Galeri Investasi Universitas Pamulang, Pemerintah Provinsi Banten, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Selama 28 tahun perjalanannya, BEI telah mencatatkan sejumlah pencapaian yang membanggakan untuk perkembangan Pasar Modal Indonesia.

Wali Kota Disambut Ketua DPRD Kota Manado untuk Perayaan HUT ke-397

Milestone Bursa setelah diprivatisasi pada 13 Juli 1992 adalah diberlakukannya Otomasi Perdagangan dengan Jakarta Automated Trading System (JATS).

Kemudian, penerapan Remote Trading di pasar modal berhasil diimplementasikan pada 28 Maret 2002.

Menandai pencapaian berikutnya, pada 30 November 2007, Bursa Efek Surabaya bergabung dengan Bursa Efek Jakarta  menjadi BEI.

Perkembangan JATS pada 2009 menciptakan milestone berikutnya, yaitu Implementasi JATS Next Generation (Next-G). Selain peluncuran eXtensible Business Reporting Language (XBRL) pada 22 Juni 2015, BEI juga mulai mensosialisasikan Kampanye Yuk Nabung Saham.

Tempat Hiburan di Manado Belum Diizinkan Beroperasi

Setelah dilakukan Margin Trading Regulation Easing pada 2017 dan Implementasi Penyelesaian Transaksi T+3 ke T+2 pada 2018, selama 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2017-2019, BEI menerima penghargaan HR Asia Best Companies to Work, dan pada 2019 BEI bergabung dengan Sustainable Stock Exchange.

Selain itu, pada tahun yang sama BEI telah menambah papan baru perdagangan, yaitu Papan Akselerasi, meluncurkan Indeks IDX Value 30 dan IDX Growth 30, serta merelaksasi ETF.

Indeks Harga Saham Gabungan pada tahun ini mengalami perubahan sebesar 20,13 persen pada level 5.031
sampai dengan 10 Juli 2020 yang lalu.

Meskipun demikian, aktivitas perdagangan di Bursa terlihat cukup baik tercermin dari rata-rata nilai transaksi di bulan Juni mencapai Rp 9 triliun.(ndo)

HUT Ke-397 Kota Manado, Wali Kota Sampaikan Terima Kasih Kepada Tenaga Medis

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved