Breaking News:

Update Virus Corona Sulut

Ini Tanggapan Gugus Tugas Provinsi Terkait Penundaan Pembukaan Pusat Perbelanjaan di Manado

Pemerintah Kota Manado, telah mengambil kebijakan, untuk menunda pembukaan sejumlah pusat perbelanjaan

Istimewa
Uji coba adaptasi kebiasaan baru yang dilakukan di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Manado beberapa waktu lalu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah Kota Manado, telah mengambil kebijakan, untuk menunda pembukaan sejumlah pusat perbelanjaan, dikarenakan hingga saat ini ibukota Provinsi Sulawesi Utara tersebut, masih ada dalam zona merah penyebaran Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara gugus tugas Provinsi Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel mengatakan memang wewenang untuk mengimplementasikan peraturan gubernur (Pergub) nomor 44 tahun 2020 tentang pedoman adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19, itu ada sepenuhnya pada pemerintah kabupaten/kota.

"Nantinya mereka wajib mempedomani risk assessment, dalam implementasi Pergub nomor 44 tersebut. Sebab kita tidak bisa memaksakan jika kemudian suatu daerah masih masuk dalam zona merah, kemudian pembukaan aktifitas, dilakukan secara besar-besaran," jelasnya.

Selama Pandemi Covid-19, Pedagang Pasar Beriman Wilken Tomohon Tetap Bayar Retribusi

Ia menambahkan pembukaan aktifitas wajib mempedomani risk assessment.

"Misalnya Manado yang saat ini ditetapkan zona merah, tentu sesuai pertimbangan risikonya hanya bisa membuka aktivitas secara terbatas, misalnya kebutuhan dasar, pelayanan kesehatan, serta aktivitas bisnis yang sifatnya mendesak seperti perbankan," terang dia.

"Sehingga Pergub nomor 44 tersebut yang dikeluarkan, jelas tertulis, pembukaan aktifitas wajib memperhatikan resiko zonasi dalam risk assessment, dan pada pasal 23 jelas tertulis, setiap daerah yang akan mulai menerapkan pembukaan aktifitas, wajib berkonsultasi dengan gugus tugas provinsi, yang nantinya akan kita verifikasi laporan risk assessment yang dimasukan apakah sesuai data atau tidak," tandasnya. (drp)

Reaksi Rusia Soal Kabar Kim Jong Un Siapkan Adiknya, Kim Yo Jong, untuk Jadi Pemimpin Korea Utara

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved