Breaking News:

News

Berikut Rincian Tarif Pembuatan Smart SIM dan Perpanjangannya

Terkait hal tersebut bila akan membuat atau memperpanjang masa berlaku, akan mendapat model terbarunya yang disebut Smart SIM.

Wartakota/henry lopulalan
SMART SIM -- Model menunjukan SIM Pintar Multifungsi (SMART SIM) di arena Peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (22/9). Kepolisian RI menerbitkan SMART SIM yang memadukan fungsi forensik kepolisian, pelanggaran lalu lintas dan uang elektronik, setelah mendapatkan persetujuan Bank Indonesia. Inovasi Korlantas Polri ini diharapkan semakin memudahkan pemegang SIM dalam melakukan pembayaran tilang serta meningkatkan penetrasi uang elektronik di masyarakat.---Warta kota/henry lopulalan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabarnya keluarkan Surat Izin Mengemudi (SIM) keluarkan design baru.

Terkait hal tersebut bila akan membuat atau memperpanjang masa berlaku, akan mendapat model terbarunya yang disebut Smart SIM.

Berikut rinciannya tarif untuk pembuatan Sim dan Perpanjang.

Rocky Gerung Sebut Drama Korea saat Jokowi Marah, Fahri Hamzah: Sedramanya Presiden Gak Boleh Ngawur

Tuntut Transparansi dari Yayasan, Rektor Uniba Lakukan Aksi Lepas Baju dan Mengundurkan Diri

Setelah Diperiksa Polisi, Dalam Tas Pembakar Mobil Via Vallen Ada Boneka Kecil yang Mirip Jenglot

Seorang warga saat menunjukkan surat izin mengemudi (SIM) online baru dan lama miliknya di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (22/9/2019). Korlantas Polri resmi meluncurkan SIM online dan Smart SIM guna mempermudah layanan dalam membuat SIM dengan dilengkapi terobosan teknologi di dalamnya.
Seorang warga saat menunjukkan surat izin mengemudi (SIM) online baru dan lama miliknya di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (22/9/2019). Korlantas Polri resmi meluncurkan SIM online dan Smart SIM guna mempermudah layanan dalam membuat SIM dengan dilengkapi terobosan teknologi di dalamnya. (Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA))

Bila Anda akan membuat atau memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM), Anda akan mendapatkan desain baru yang disebut-sebut sebagai Smart SIM.

Pemberlakuan SIM ini pun sudah dimulai sejak 22 September 2019.

Seperti diketahui, salah satu keunggulan dari SIM ini bisa mendapat data forensik hingga dapat digunakan sebagai uang elektronik.

Namun yang menarik, dengan kelebihan yang ditawarkan oleh SIM baru ini, ternyata tidak ada perubahan biaya baik untuk memperpanjang ataupun pembuatan baru.

Artinya, masyarakat tetap mendapatkan Smart SIM dengan harga lama.

"Tidak ada kenaikan tarif untuk Smart SIM, masih sama seperti yang sebelumnya sesuai dengan regulasi yang berlaku," ucap Kasi SIM Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara, beberapa waktu lalu.

Regulasi yang dimaksud mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 mengenai Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak alias PNBP yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

SMART SIM -- Model menunjukan SIM Pintar Multifungsi (SMART SIM) di arena Peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (22/9). Kepolisian RI menerbitkan SMART SIM yang memadukan fungsi forensik kepolisian, pelanggaran lalu lintas dan uang elektronik, setelah mendapatkan persetujuan Bank Indonesia. Inovasi Korlantas Polri ini diharapkan semakin memudahkan pemegang SIM dalam melakukan pembayaran tilang serta meningkatkan penetrasi uang elektronik di masyarakat.---
SMART SIM -- Model menunjukan SIM Pintar Multifungsi (SMART SIM) di arena Peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (22/9). Kepolisian RI menerbitkan SMART SIM yang memadukan fungsi forensik kepolisian, pelanggaran lalu lintas dan uang elektronik, setelah mendapatkan persetujuan Bank Indonesia. Inovasi Korlantas Polri ini diharapkan semakin memudahkan pemegang SIM dalam melakukan pembayaran tilang serta meningkatkan penetrasi uang elektronik di masyarakat.--- (Warta kota/henry lopulalan)

Untuk lebih detail, berdasarkan PP 60/2016 tersebut, maka biasa untuk pembuatan masing-masing SIM, sebagai berikut:

  • - Penerbitan SIM A Rp 120.000
  • - Penerbitan SIM A Umum Rp 120.000
  • - Penerbitan SIM B1 Rp 120.000
  • - Penerbitan SIM B1 Umum Rp 120.000
  • - Penerbitan SIM B2 Rp 120.000
  • - Penerbitan SIM B2 Umum Rp 120.000
  • - Penerbitan SIM C Rp 100.000

Sedangkan untuk tarif perpanjangan masing-masing SIM, yakni:

  • - SIM A Rp 80.000
  • - SIM C Rp 75.000
  • - SIM B Rp 80.000
  • - SIM D Rp 30.000

Perlu diingat, ada biaya tambahannya berupa biaya asuransi sebesar Rp 30.000, pemeriksaan kesehatan Rp 25.000, dan biaya surat keterangan uji klinik pengemudi (SKUKP) untuk SIM B1, B2, dan SIM umum sebesar Rp 50.000.

Setelah Diperiksa Polisi, Dalam Tas Pembakar Mobil Via Vallen Ada Boneka Kecil yang Mirip Jenglot

Sarwendah Sampai Cek CCTV, Ruben Onsu Kaget Ternyata Betrand Senyum-senyum karena Lihat Video Ini

Rocky Gerung Sebut Drama Korea saat Jokowi Marah, Fahri Hamzah: Sedramanya Presiden Gak Boleh Ngawur

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul " Berapa tarif perpanjangan dan bikin Smart SIM? Ini rinciannya "

Editor: Glendi Manengal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved