Breaking News:

Politik

Mahfud MD : Dana Pilkada Sudah Disiapkan Pemerintah, KPU Silakan Masukan Rincian Operasional

Pemerintah Indonesia serius mengelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2020, hal ini langsung dikatakan Menteri Menkopolhukam, Mahfud MD sipkan dana

Tribunnews.com
Menko Polhukam Mahfud MD menjalani rapat melalui video conference yang terhubung langsung dengan Presiden Joko Widodo. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Indonesia serius mengelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2020, hal ini langsung dikatakan Menteri Koordinator Politik Hukum Dan HAM (Menkopolhukam), Mahfud MD, bahwa dana sudah disediakan.

Kata dia, pemerintah sudah menyiapkan dana operasional Pilkada serentak tahun ini.

"Saya pastikan dananya sudah ada, sudah disiapkan pemerintah," kata Mahfud MD, usai menggelar pertemuan dengan kepala daerah di Jawa Timur, di Hotel JW Marriot Surabaya, Jumat (26/6/2020).

Dia mengimbau kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah segera menyerahkan rincian kebutuhan operasional Pilkada ke pemerintah pusat.

 "Ada beberapa KPU daerah yang belum menyerahkan rincian kebutuhan pelaksanaan Pilkada, kami minta segera menyerahkan, dananya sudah ada," ujar dia.

Pilkada serentak, kata dia, tetap harus digelar di tengah pandemi Covid-19 demi kepastian hukum dan agar roda pemerintahan di daerah tetap berjalan.

"Kalau menunggu wabah Covid-19 tidak jelas kapan selesainya, sementara roda pemerintahan harus tetap berjalan," ujar dia.

Karena masih di tengah wabah Covid-19, pelaksanaan Pilkada 2020 Desember mendatang menurutnnya harus digelar dengan standar protokol kesehatan yang ketat agar tidak menimbulkan klaster penyebaran Covid-19.

 "Pelaksanaan Pilkada serentak harus dengan protokol kesehatan standar WHO," ujar Mahfud MD.

Akibat wabah Covid-19, Pilkada serentak 2020 yang semula dijadwalkan 23 September 2020, diundur pada 9 Desember 2020. Ada 270 daerah yang menggelar Pilkada serentak tahun ini. Rincian daerah yang akan menggelar Pilkada 2020, yakni 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Berita ini telah tayang https://regional.kompas.com/read/2020/06/26/17562801/mahfud-md-pilkada-serentak-tetap-9-desember-dananya-sudah-ada

Editor: Vendi Lera
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved