Breaking News:

Berita Kriminal

Sering Lakukan Transaksi Obat Keras, Pengedar Dibekuk Timsus Maleo di TKP

Dua orang pelaku pengedar obat keras jenis Trihexiphenidyl berhasil diamankan oleh Timsus Maleo Polda Sulut

Istimewa
Tersangka Pengedar Obat Keras dan Barang Bukti 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Dua orang pelaku pengedar obat keras jenis Trihexiphenidyl berhasil diamankan oleh Timsus Maleo Polda Sulut dan mereka harus berurusan dengan hukum yang berlaku.

Kali ini, Timsus Maleo Unit 3 yang dipimpin oleh Kanit Aiptu Varry Kowaas telah melakukan penangkapan tersangka tindak pidana terhadap Undang-undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, Kamis (18/6/2020) pukul 13.45 Wita.

Kedua tersangka pengedar obat keras yang diamankan ialah MRH alias Ijal (19) laki-laki asal Kelurahan Karame, Kecamatan Wanea, Manado dan AD alias Arman (24) laki-laki asal Kelurahan Wonasa, Kecamatan Singkil, Manado.

Sementara itu, barang bukti berupa 100 butir obat jenis Trihexiphenidyl warna kuning, 1 buah pembungkus plastik bening, 1 buah handphone merek Xiaomi warna hitam, uang sebanyak Rp 600 ribu dan 1 pembungkus rokok merek Dunhill warna hitam.

Kemudian, Tim mengamankan MRH di pinggiran jalan tepatnya di Kelurahan Karame Kecamatan Singkil Kota Manado dan sementara Tim mengamankan AD di rumahnya wilayah Kelurahan Wonasa Kecamatan Singkil Kota Manado.

Hampir 100 Pasien Positif Covid-19 di Manado Belum Dievakuasi, Ini Penyebabnya

"Kronologis penangkapan, berdasarkan laporan, Kamis 18 Juni 2020 pukul 12.15 Wita, Timsus Maleo Unit 3 yang dipimpin Kanit Aiptu Varry Kowaas mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai sering terjadi transaksi obat keras jenis Trihexiphenidyl warna kuning," kata Kompol Prevly Tampanguma Katimsus Maleo Polda Sulut, Jumat (19/6/2020).

Menindaklanjuti laporan tersebut, Katim menjelaskan, Tim menuju ke tempat kejadian perkara (TKP) sekitar pukul 13.45 Wita, yang bertempat di Kelurahan Karame Lingkungan VI Kecamatan Singkil dan kemudian di Kelurahan Wonasa Kecamatan Singkil Kota Manado.

"Sesudah tiba di TKP bahwa benar terdapat transaksi jual beli obat dan telah diamankan juga tersangka Ijal serta barang bukti obat jenis Trihexiphenidyl warna kuning sebanyak 100 butir, yang saat itu tersangka akan melakukan transaksi di pinggiran jalan tepatnya di Kelurahan Karame Kecamatan Singkil, Kota Manado," ungkapnya.

Alat Tes Cepat Molekuler di RSUD Pobundayan Mulai Dioperasikan

Ia menambahkan, di mana barang bukti berupa obat itu diletakkan di tanah tepatnya di pinggiran jalan pada saat tersangka berada di tempat tersebut.

Kemudian, lanjut Kompol Prevly, sesudah interogasi kepada tersangka bahwa barang bukti berupa obat keras itu dibeli dari AD alias Arman.

"Selanjutnya Tim melakukan penangkapan sekitar pukul 15.30 Wita terhadap Arman," jelasnya.

Selain itu, kata dia, penangkapan tersebut sesuai Surat Perintah Nomor: Sprin/289/III/OPS.1./ 2020.

"Tindakan kepolisian ialah melakukan lidik, menangkap tersangka, mengamankan barang bukti dan menyerahkan mereka ke Polresta Manado," pungkasnya. (Ang)

Peringatan Bulan Bung Karno, PDIP Manado Gelar Lomba Pidato Virtual

Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved