Breaking News:

Update Virus Corona Talaud

Ini Strategi Elly Lasut Menghadapi New Normal

Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Dr Elly Engelbert Lasut, memiliki beberapa strategi utama, dalam menghadapi era new normal

Tribun Manado/ Don Ray Papuling
Elly Lasut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Dr Elly Engelbert Lasut, memiliki beberapa strategi utama, dalam menghadapi era new normal. Hal ini diungkapkannya dalam web diskusi yang diselenggarakan Tribun Manado Kamis (18/6/2020)

Ia mengatakan untuk menghadapi new normal, Pemkab Talaud saat ini terus mempersiapkan berbagai fasilitas kesehatan, untuk menunjang perawatan pasien Covid-19.

"Sebab saya sadar, memasuki era new normal kemungkinan terburuk akan mendorong penyebaran Covid-19, sehingga penyediaan infrastruktur penunjang untuk merawat pasien Covid-19 seperti ventilator dan penambahan ruang isolasi menjadi salah satu prioritas kita dalam menghadapi era new normal," ucapnya.

Insentif Tenaga Medis Bolmong Segera Cair

Disisi lain tambah dia sosialisasi yang masif untuk menyadarkan masyarakat guna mengikuti protokoler kesehatan, terus gencar dilaksanakan.

"Bahkan saya sudah berkoordinasi dengan Forkopimda, baik TNI dan Polri, untuk melakukan penindakan hukum kepada masyarakat yang melanggar aturan pemerintah yang mengakibatkan terjadinya penyebaran suatu wabah," ucapnya

Ia mengatakan hal tersebut dilakukan agar memberikan efek jera bagi masyarakat, agar tidak melanggar protokol kesehatan.

"Sebab dalam protokol kesehatan hanya empat hal yang diminta, pertama menggunakan masker, rajin cuci tangan, hindari kontak fisik dan jaga jarak, termasuk melaksanakan pernikahan harus sesuai protap Covid-19, dimana kursi diberi jarak, meja makanan harus banyak dan paling penting adalah tidak melakukan aktifitas pesta yang memungkinkan terjadinya kontak fisik," jelasnya.

BREAKING NEWS: 12 Orang di Minut Sembuh Covid-19

"Aturan ini sudah saya edarkan ke seluruh desa, dan kalau ada yang melanggar akan langsung diberhentikan oleh pemerintah desa," tegas dia

Disisi lain tambahnya ada kebijakan ketahanan pangan yang kita berlakukan, dimana seluruh masyarakat kita dorong untuk memanfaatkan lahan untuk kegiatan produktif, baik itu bertani maupun membudidaya.

"Ini dilakukan guna mengantisipasi jika terjadinya resesi ekonomi saat era new normal, karena tak bisa dipungkiri, saat ini ekonomi secara global sedang anjlok dan ini yang akan kita antisipasi, agar jika ekonomi memburuk, masyarakat tetap dapat makan karena memanfaatkan lahan mereka untuk pertanian dan pembudidayaan," jelasnya

Di sisi lain, tambah Lasut agar terus dapat memberdayakan masyarakat secara berkesinambungan, pihaknya juga melakukan refocusing anggaran tak hanya untuk penanganan Covid-19 dan jaring pengaman sosial, namun hingga program padat karya.

Hampir 100 Pasien Positif Covid-19 di Manado Belum Dievakuasi, Ini Penyebabnya

"Di mana saat ini pemerintah kabupaten, banyak sekali mempekerjakan orang yang terdampak Covid-19 secara langsung, terutama orang yang bekerja pada usaha mikro yang saat ini sudah tak bekerja dan memiliki penghasilan," ucapnya

Mereka kata dia, sekarang dipekerjakan sebagai satgas untuk menanggulangi Covid-19, maupun penyapu jalan agar tetap bekerja dan menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan ini akan terus kita lakukan hingga masa pandemi ini berakhir

"Menurut saya, new normal bukan hanya terkait bagaimana kita hidup berdampingan dengan Covid-19 dan menjalankan protokol kesehatan yang ketat, namun juga harus memberdayakan masyarakat yang terdampak secara langsung, sebab berjalannya new normal ini tak serta merta dapat berdampak kepada seluruh masyarakat, sehingga sebagai pemerintah saya harus mampu mengambil kebijakan yang dapat berlaku merata bagi seluruh rakyat," tandasnya. (drp)

Buah Kerja Keras Sangadi, Desa Torosik Dapat 5 RTLH dari Pemprov Sulut

Penulis:
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved