Breaking News:

Sejarah

Saat Perwira Perintis Kopassus Menampar Pak Harto, Kawilarang: Sirkus Apa-apaan Nih?

Alexander Evert Kawilarang, yang saat itu menjabat sebagai Panglima dan atasan dari Letkol Soeharto, penah menampar bawahannya itu.

Editor: Rizali Posumah
Istimewa via Tribun Medan
Soeharto bersama para perwira TNI Angkatan Darat di tahun 1960-an. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA -- Sewaktu menjadi bawahan yang harus selalu siap saat ditugaskan di berbagai medan tempur, Soeharto pernah mendapat hukuman dari atasannya.

Soeharto bahkan pernah mendapat tamparan dari atasannya.

Sosok yang menampar Pak Harto itu tak lain adalah perwira perintis Komando Pasukan Khusus (Kopassus), yakni Alexander Evert Kawilarang, yang saat itu menjabat sebagai Panglima selaku atasan dari Letkol Soeharto.

Saat Soeharto muda masih aktif di militer, dia dikabarkan pernah ditampar oleh seorang panglima militer yang sekaligus pendiri Kopassus

Kisah penamparan Soeharto oleh Alex Evert Kawilarang ini ada dalam buku 'Suharto and His Generals: Indonesian Military Politics 1975-1983' tulisan David Jenkins (1984)

Sekitar tahun 1950-an, sebagai Panglima Wirabuana, Alex Kawilarang melaporkan kepada Presiden  Soekarno bahwa keadaan di Makassar sudah aman.

Namun Soekarno justru menyodorkan sebuah radiogram yang baru saja diterimanya yang melaporkan bahwa pasukan KNIL Belanda sudah menduduki Makassar.

Brigade Mataram, pasukan yang seharusnya mempertahankan kota Makassar saat itu juga dilaporkan telah mundur ke Lapangan Udara Mandai.

Mendengar radiogram tersebut, Kawilarang marah besar dan segera kembali ke Makassar.

Setibanya di lapangan udara Mandai, ia langsung memarahi Komandan Brigade Mataram, Letkol Soeharto, sambil menamparnya.

Halaman
1234
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved