Pilkada 2020

Penyelengaraan Tahapan Pilkada Wajib Berlakukan Protokol Covid-19 Secara Ketat

Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah yang dipastikan berlangsung di tengah pandemi Covid-19, harus memberlakukan protokol Covid-19 secara ketat

Istimewa
Grace Kandou 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah yang dipastikan berlangsung di tengah pandemi Covid-19, harus memberlakukan protokol Covid-19 secara ketat. Hal ini diungkapkan pakar epidemiologi Sulut, Prof Grace Kandou.

Ia mengatakan berlangsungnya tahapan Pilkada ditengah pandemi Covid-19 ini, sangat beresiko mengingat hingga saat ini kurva penyebaran Covid-19 di Sulut masi berjalan fluktuatif bahkan cenderung tinggi.

"Sehingga kalau tidak dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat maka pelaksanaan Pilkada ini, akan membahayakan masyarakat karena berpotensi menjadi wadah penularan Covid-19," ucapnya

Sehingga tambah dia kalau pun pelaksanaan Pilkada tetap dipaksakan tahun ini, maka pemerintah dan pihak penyelenggara wajib memperhatikan penerapan protap Covid-19 dalam setiap tahapan sehingga mengurangi resiko penyebaran.

Rincian 10 Kasus Positif Covid-19 di Sulawesi Utara, Jumat 5 Juni 2020

"Pastinya kegiatan kampanye kalau bisa tidak dilakukan sama sekali dan diganti dengan kampanye elektronik atau semacamnya," jelas dia.

Sedangkan saat pencoblosan, tambah dia ada dua opsi yang bisa dilakukan. "Pertama dengan membatasi jumlah orang disetiap TPS dengan memberikan jadwal sembari menyiapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer atau bilik disinfektan, bisa juga dengan mengantar surat suara secara dor to dor," bebernya

"Disisi lain, pemerintah wajib mensosialisasikan secara masif terkait penerapan protokol Covid-19 saat pelaksanaan Pilkada. Sebab meski segala infrastruktur penunjang lengkap namun tanpa kesadaran yang tinggi dari masyarakat, maka protokol kesehatan tak akan ada gunanya," tandas Akademisi Unsrat tersebut. (drp)

Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra Minta Aturan Protokol New Normal Maskapai Dilonggarkan

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved