Tips Hadapi Virus Corona

Sigap dengan Integrasi Data, Taiwan Berhasil Lawan Corona

Taiwan, sukses mengendalikan kasus Covid-19 menggunakan teknologi dan data yang terintegrasi.

Istimewa Via TribunnewsWiki.com
Presiden Taiwan Tsai Ing Wen menyampaikan pidatonya di tengah pandemi Covid-19 dalam kunjungannya di Pangkalan Militer Tainan, Taiwan Selatan, Kamis (9/4/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berbagai upaya telah dilakukan setiap pemerintah negara-negara dunia untuk melawan pandemi virus corona Covid-18 agar aktivitas normal kembali.

Wakil Direktur Indonesian Medical Education Research Institute (IMERI) Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia, Prof Dr dr Budi Wiweko SpOG(K) mengatakan bahwa kita dapat mengambil contoh pencegahan yang baik seperti dilakukan oleh negara lain.

Contohnya adalah Taiwan, yang sukses mengendalikan kasus Covid-19 menggunakan teknologi dan data yang terintegrasi.

Integrasi basis data

Taiwan hanya berjarak 130 kilometer dari asal virus corona SARS-CoV-2 ditemukan, yaitu di Wuhan.

Dengan jarak yang dekat ini, Taiwan justru mampu menghindar dari kemungkinan menjadi episentrum Covid-19 dengan berbekal sistem kesehatan berbasis data yang terintegrasi.

Setelah diumumkan Covid-19 dapat menular antar-manusia, pemerintah Taiwan dengan cepat segera mengintegrasikan data besar asuransi nasional atau seperti BPJS di Indonesia, ke dalam sistem imigrasi dan bea cukai.

Beberapa poin berikut masuk dalam integrasi data kesehatan masyarakat yang dilakukan pemerintah Taiwan hadapi pandemi Covid-19.

1. Populasi berisiko

Data yang diintegrasikan ini kemudian digunakan untuk pemetaan populasi berisiko berdasarkan gejala, keluhan, serta riwayat asal perjalanan.

Halaman
123
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved