Update Virus Corona Sulut

BTKLPP Manado Telah Periksa 399 Spesimen Terkait Covid-19

Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas I Manado saat ini telah memeriksa sedikitnya 399 spesimen terkait Covid-19

Tribun Manado/ Don Ray Papuling
Kasie Surveilans Epidemiologi BTKLPP Manado, Rusen Tombi SKM Mkes 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado saat ini telah memeriksa sedikitnya 399 spesimen terkait Covid-19.

Demikian diungkapkan Kasie Surveilans Epidemiologi BTKLPP Manado, Rusen Tombi, SKM, M.kes, ketika diwawancarai Rabu (13/5/2020) kemarin.

Ia mengatakan 399 spesimen tersebut merupakan keseluruhan yang dikirim lab PCR beroperasi pada 5 hingga 13 Mei, yang berasal dari tiga daerah, yakni Gorontalo, Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara (Sulut).

"Untuk Sulut itu ada 206 spesimen, Gorontalo 104 dan Malut 89," terangnya.

Warga Bolsel yang Kontak dengan Pasien 63 Asal Bolmong, Kebanyakan Adalah Ibu Hamil

"Untuk pemeriksaan biasanya paling lambat memakan waktu tiga hari. Hal ini disebabkan karena sering ada antrian sampel, karena alat untuk memeriksa spesimen terbatas," beber dia.

Rusen menambahkan secara keseluruhan ada 16 personel yang terlibat dalam pemeriksaan sampel, baik itu bagian preparasi, mixing, ekstraksi, pembacaan PCR dan pengelolaan limbah, dengan kapasitas pemeriksaan 90 hingga 100 sampel perharinya.

Sekedar informasi hingga Selasa (12/5/2020) malam, sudah ada 74 kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi di Sulut, lima di antaranya meninggal, 39 sedang menjalani perawatan dan 30 orang dinyatakan sembuh. (drp)

Penyaluran Beras di Bolmong Hampir Rampung

Penulis: Don Ray Papuling
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved