NEWS

Kota Bitung Engan Lakukan PSBB, Maurits: Ibarat Buah Simalakama

Sejumlah Kabupaten Kota se Provinsi Sulut masih enggan melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), terkait pandemi covid 19.

Kolase Tribun Manado/Istimewa
Maurits Mantiri dan Albert Sergius 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sejumlah Kabupaten Kota se Provinsi Sulut masih enggan melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), terkait pandemi covid 19.

Satu di antaranya Kota Bitung, yang masih kukuh belum mengajukan melakukan PSBB karena menurut Wakil Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri PSBB ibarat buah simalakama.

"Karena dampak dari Covid dan proses penyelesaian Covid itu sendiri. Dampak perekonomiannya harus jadi beban pemerintah dan masyarakat," kata Mantiri.

Dia menjelaskan, sektor perekonomian yang menggerakkannya harus dipikirkan bersama-sama oleh semua pihak, tidak bisa hanya pemerintah saja, karena dalam menciptakan iklim kondusif itu adalah bagian semua pihak.

"Penekanan utama adalah,menyangkut protokol covid itu. Harus benar-benar diedukasi dan eksekusi," tambahnya.

Edukasi dalam konteks ini penanggungjawabnya semua pihak pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan relawan.

Sementara bagian dari eksekusi adalah peneggakan (aparat), namun permasalahan saat ini masih 'bermain' dalam level himbauan yang seharusnya ditingkatkan ke level penindakan.

"Memang harus ada pasal penindakan. Karena kalau tidak, aparat tidak bisa berbuat apa-apa, kecuali ada kesepakatan dan keputusan publik," tandasnya.

Terpisah Wali kota Bitung Max J Lomban melalui Albert Sergius Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan setda Kota Bitung menerangkan, terkait PSBB pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi.

Jika memang kondisinya sudah harus menerapkan, pemkot Bitung pasti akan lihat tahapan-tahapannya dalam mempersiapkan hal tersebut.‎

"Tapi tentu, kita semua berharap provinsi Sulut pada khususnya kota Bitung selalu dalam naungan dan pernyertaan Tuhan menghadapi dan menangani pandemi ini, hingga bisa berlalu," kata Abe sapaannya.

Saat ini pemkot Bitung terus melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kesehatan Covid 19, terhadap warga yang masuk ke kota Bitung di gerbang KEK.‎

Dia juga menekankan tentang kesadaran masyarakat kota Bitung agar terus mengikuti anjuran pemerintah, pysical dan social distancing.

Lakukan dan jaga pola hidup bersih, sehat, makan bergizi, rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir, jaga jarak, pakai masker dan tidak keluar rumah bisa tidak ada hal yang sangat penting. ( Tribunmanado/Christian Wayongkere)

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved