Breaking News:

Ramadan 2020

Lima Desa di Dumoga Barat Masih Gelar Tarawih Berjamaah, Ini yang Dilakukan Kepala KUA

Memasuki hari keempat puasa ramadhan 1441 H, sejumlah mesjid di wilayah Dumoga Barat (Dubar) masih melakukan shalat tarawih berjamaah.

Penulis: Arthur_Rompis | Editor: Maickel_Karundeng
Istimewa
Camat Dumoga Barat, Malvin Dako, didampingi Kepala KUA Dumoga Barat, Yonal Isa, melakukan kunjungan ke desa-desa yang masih menggelar shalat tarawih berjamaah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Memasuki hari keempat puasa ramadhan 1441 H, sejumlah mesjid di wilayah Dumoga Barat (Dubar) masih melakukan shalat tarawih berjamaah.

Padahal pemerintah melalui Menteri Agama, Pemerintah Daerah, dan MUI telah memberikan himbauan larangan melakukan shalat berjamaah di masjid, serta diarahkan untuk beribadah di rumah masing-masing bersama keluarga inti.

Menindaklanjuti kondisi ini Camat Dumoga Barat, Malvin Dako, didampingi Kepala KUA Dumoga Barat, Yonal Isa, melakukan kunjungan ke desa-desa yang masih menggelar shalat tarawih berjamaah.

Keduanya turun langsung untuk memberikan pemahaman dan sekaligus mensosialisasikan Surat Edaran Menteri Agama Nomor  6 Tahun 2020, tauziah MUI Bolmong, dan himbuan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow terkait shalat tarawih di masa pandemi Novel Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Umat dihimbau melakukan shalat (shalat jumat dan tarawih) di rumah masing-masing sebagai upaya atau ikhtiar dalam memutus rantai penularan virus corona yang saat ini masih mewabah di sejumlah daerah di Sulut.

Yang perlu dipahami dari edaran dan himbauan pemerintah adalah bukan shalat atau ibadahnya yang dilarang namun perkumpulan massanya yang dihindari untuk sementara waktu.

Camat dan Kepala KUA Dumoga Barat berharap warga khususnya umat Islam memahami maksud umara’ dan ulama demi kemaslahatan dan keselamatan umat yang lebih besar dengan tidak melakukan perkumpulan massa termasuk shalat tarawih berjamaah.

Tak hanya umat Islam, Camat juga meminta seluruh umat lintas agama untuk menunda pelaksanaan ibadah secara massal dengan mengalihkan perayaan/peribadatan ke rumah masing-masing untuk menghindari potensi penyebaran covid-19.

Tercatat ada lima desa yang masih melakukan shalat tarawih hingga kemarin malam yakni Desa Wangga Baru, Toraut Utara, Matayangan, Toraut Tengah, serta ada satu masjid di Desa Doloduo yang masih menggelar tarawih berjemaah. (Art)

Grace Tielman Bagikan 200 Sembako dan 2.000 Masker ke Warga Kurang Mampu

Subscribe Youtube Channel Tribun Manado:

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved