Breaking News:

Bulan Ramadan

Mudah Mengantuk Saat Berpuasa? Begini Cara Ampuh Mengatasinya, Simak Ada 7 Tips

Di bulan puasa, siklus tidur berubah karena bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur. Jika tidak tidur lebih cepat, maka jam tidur akan berkurang,

Kompas.com
Ilustrasi mengantuk 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bagi yang mudah mengantuk, akan menjadi tantangan berat untuk mengatasinya saat berpuasa di bulan ramadan. 

Biasanya cara mengatasi mengantuk dengan minum kopi dan makan camilan, kini tentunya saat berpuasa anda harus mencari cara lain. 

Ada beberapa hal yang berbeda yang terjadi saat bulan ramadan. 

Di bulan puasa, siklus tidur berubah karena bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur. Jika tidak tidur lebih cepat, maka jam tidur akan berkurang rata-rata 40 menit.

Menurut penelitian dalam Journal of Sleep Research, hal ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement). Maka, keesokan harinya kita pun jadi mengantuk.

Selain itu, saat puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman selama berjam-jam. Maka kita jadi lebih lemas dan mengantuk.

Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan agar bisa mengatasi ngantuk saat puasa. Catat baik-baik tujuh tips berikut ini, ya.

1. Bergerak atau jalan kaki

Sebuah survei terhadap ratusan orang di Amerika Serikat menguak bahwa jalan kaki selama 10 menit bisa meningkatkan energi hingga dua jam ke depan.

Pasalnya, jalan-jalan mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Sedangkan rasa ngantuk di siang hari biasanya muncul karena otak kekurangan pasokan oksigen.

Halaman
123
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved