Breaking News:

Update Virus Corona Indonesia

Test RT-PCR Kit, Indonesia Produksi 100.000 untuk Deteksi Covid-19

Kerja sama antara Bio Farma dengan BPPT, sejumlah kementerian, universitas, lembaga pendidikan

net
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BANDUNG - Kerja sama  antara Bio Farma dengan BPPT, sejumlah kementerian, universitas, lembaga pendidikan, hingga startup mengembangkan test berbasis Real Time Polymerase Chain Reaction (RT- PCR).

Mengenai hal tersebut RT-PCR buatan dalam negeri tersebut digunakan untuk mendeteksi Covid-19.

Direncanakan, sebanyak 4.000 kit diganostis yang dapat memeriksa 100.000 sampel akan diproduksi dalam dua pekan oleh Bio Farma.

Resmi: Presiden Jokowi Larang Seluruh Masyarakat Mudik

“Metodenya dengan pemeriksaan dari sampel swab yang berasal dari pasien yang terduga terpapar oleh Covid-19,” ujar Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (21/4/2020).

Honesti mengatakan, Bio Farma memiliki kapasitas produksi terpasang 15.000 test per hari. Untuk tahap awal, 50.000 test atau setara 2000 kit akan diproduksi Mei 2020.

Tak lama berselang, Bio Farma akan memenuhi kapasitas produksinya sebanyak 4.000 kit atau setara 100.000 test.

Tes Kit berbasis RT-PCR ini telah memenuhi Golden Standard dalam pemeriksaan Covid-19. Sekaligus penentuan penegakkan diagnosis status positif atau negatif dari sampel swab pasien yang diduga terpapar Covid-19.

Keterlibatan Bio Farma dalam produksi RT-PCR kit ini, tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Nomor 72 Tahun 2020 tentang Task Force dan Inovasi Teknologi Penanganan Covid-19 (TFRIC19).

Negaranya Berhasil Atasi Pandemi Covid-19, Presiden Taiwan Berbagi Strategi Mencegah Wabah Corona

“Keterlibatan kami khususnya dalam sub Group task force Rapid Test Diagnosis berbasis quantitative polymerase chain reaction (qPCR),” ungkap dia.

Untuk itu pihaknya akan menjalankan perannya sesuai dengan kompetensinya. Antara lain membuat kit diagnostik berbasis PCR, produksi dan packaging, quality control sekaligus validasinya serta registrasi untuk mendapatkam izin edarnya.

Halaman
12
Editor: Glendi Manengal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved