Virus Corona di Dunia

Donald Trump Akan Longgarkan Lockdown di Negaranya, Sebut Virus Corona di AS Sudah "Lewati Puncak"

Trump berjanji akan menjabarkan rencananya pada Kamis (16/4/2020), walau grafik jumlah korban Covid-19 di Negeri "Uncle Sam" belum mengendur.

REUTERS/TOM BRENNER via KOMPAS.COM
Suasana saat Presiden Amerika Serikat Donald Trump hadir dalam konferensi pers harian mengenai kebijakan pemerintah menangani virus corona di Gedung Putih, Washington, pada 3 April 2020. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tanggapi soal mewabahnya Covid-19 atau virus corona, Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump sesumbar.

Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump berujar wabah virus corona di AS telah "melewati puncak", dan berencana melonggarkan aturan lockdown.

Trump berjanji akan menjabarkan rencananya pada Kamis (16/4/2020), walau grafik jumlah korban Covid-19 di Negeri "Uncle Sam" belum mengendur.

Pemerintah Gelar Tarhib Ramadhan dan Indonesia Berzikir, Hari Ini Kamis (16/4/2020) Pukul 19.30 WIB

AFP mengabarkan, dalam 24 jam terakhir saja di AS terdapat 2.600 korban meninggal dunia akibat Covid-19. Sementara itu di seluruh dunia jumlah nyawa yang melayang mencapai 134.000.

Namun Trump bersikeras dengan mengatakan, "strategi agresif" melawan virus itu berhasil dan "data menunjukkan secara nasional kita telah melewati puncaknya pada kasus-kasus baru."

Presiden 73 tahun itu menjanjikan adanya "pedoman" secara cepat pada pembukaan kembali sebagian negara, dan menyarankan kepada negara-negara bagian dengan dampak minim dari virus corona, untuk melonggarkan pembatasan sebelum 1 Mei.

Sementara itu di negara-negara lainnya, para pemimpin berhadapan dengan dilema tentang bagaimana caranya kembali memulai perekonomian, tanpa risiko gelombang kedua infeksi.

Kanselir Jerman Angela Merkel mendesak "kehati-hatian ekstrem" ketika ia mengumumkan langkah-langkah awal membuka kembali beberapa toko, dan secara bertahap memulai lagi kegiatan di sekolah.

Di belahan Eropa lainnya Denmark mulai membuka lagi sekolah untuk anak-anak, setelah ditutup selama sebulan. Finlandia juga telah mencabut blokade di Helsinki.

Kemudian Lithuania mengatakan, akan mengizinkan toko-toko dibuka kembali mulai Kamis, sedangkan Iran akan mengizinkan beberapa usaha kecil untuk beroperasi lagi.

Halaman
123
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved