Gaji PNS

Rincian Gaji ke-13 dan THR PNS 2020 Jika Tidak Dipangkas Jokowi

Menteri Keuangan RI mengungkapkan anggaran untuk Tunjangan Hari Raya ( THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI, dan Kepolisian sudah dialokasikan dama A

Editor: Aldi Ponge
(Bangkapos.com)
Ilustrasi gaji PNS atau ASN. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - THR dan gaji ke-13 PNS setiap tahun dibayarkan menjelang Lebaran Idul Fitri.

Namun, hingga saat ini pemerintah masih mengkaji rencana pembayaran THR dan Gaji 13.

Berdasarkan aturan, PNS akan menerima THR dan gaji ke-13 sesuai dengan besaran gaji pokok dan ini belum termasuk gaji reguler yang akan diterima.

Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan  RI mengungkapkan anggaran untuk Tunjangan Hari Raya ( THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI, dan Kepolisian sudah dialokasikan dama APBN 2020.

Sehingga pemberian THR tetap berlangsung sesuai mekanisme awal. 

Dia mengakui pemerintah secaa jor-joran mengalokasikan anggaran untuk proses penanganan pandemi virus corona (covid-19).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, hal itu turut memberikan tekanan terhadap pendapatan negara dalam APBN 2020.

Bahkan menurut dia, penerimaan negara berisiko anjlok hingga 10 persen akibat perekonomian yang nyaris terhenti dan menyebabkan banyak orang harus beraktivitas di dalam rumah.

Di sisi lain, belanja negara melonjak untuk memenuhi kebutuhan jaring pengaman sosial seperti bantuan sosial (bansos).

Bendahara Negara itu pun menjelaskan, untuk mengurangi beban keuangan negara, pemerintah masih memertimbangkan pencairan THR dan gaji ke-13 untuk pejabat kementerian setingkat eselon I dan II, hingga menteri dan anggota DPR.

Keputusan terkait gaji ke-13 dan THR para pejabat tinggi negara tersebut masih menunggu keputusan Presiden Joko Widodo di sidang kabinet beberapa pekan ke depan.

"Untuk pejabat negara nanti Bapak Presiden nanti akan menetapkan. Seperti menteri, DPR dan para pejabat termasuk eselon 1 dan 2 . Kami akan sampaikan ke Presiden," ujar Sri Mulyani ketika memberi keterangan pers usai rapat terbatas secara virtual, Selasa (7/4/2020).

Saat ini, pihaknya masih memperhitungkan berbagai kemungkinan terkait pencairan gaji ke-13 dan THR tersebut.

"Presiden masih memberikan instruksi kalkulasinya difinalkan agar diputuskan presiden dalam sidang kabinet dalam minggu-minggu ke depan," tutupnya.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved