Mobil Jenazah Antre di Pemakaman: Waktu Penguburan Korban Covid19 Cukup 15 Menit

Mobil-mobil ambulans membawa jenazah sesuai prosedur dan ketetapan untuk korban terpapar virus Corona 2019 atau (Covid-19)

AFP/YONHAP/SOUTH KOREA OUT via SerambiNews
Tim medis dilengkapi pakaian pelindung memindahkan seorang pasien diduga terinfeksi virus corona (tengah) ke rumah sakit lain dari Rumah Sakit Daenam, di daerah Cheongdo, Korea Selatan, Jumat (21/2/2020). Penyebaran virus corona hingga hari ini, Senin (24/2/2020), semakin menunjukkan peningkatan di sejumlah negara, seperti Italia, Iran, dan Korea Selatan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Mobil-mobil ambulans membawa jenazah sesuai prosedur dan ketetapan untuk korban terpapar virus Corona 2019 atau (Covid-19) tampak antre memanjang di tempat pemakaman umum (TPU) Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (5/4) sore. Tanpa raungan sirene, mobil-mobil tiba mengusung peti mayat. Data hingga kemarin sore, korban meninggal Covid-19 mencapai 198 orang di seluruh wilayah Indonesia.

Kata Ahli Kejiwaan: Begini Cara Hadapi Corona

Mobil-mobil ambulans datang menurunkan jenazah ke Blok AA I TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat.  Lokasi itu ini dipilih untuk pemakaman jenazah dengan protap Covid-19. Mereka yang dimakamkan tidak semuanya positif, bahkan ada yang statusnya pasien dalam pemantauan (PDP) atau orang dalam pemantauan (ODP).

Wartawan TribunJakarta.com mengamati suasana selama satu jam di TPU Tegal Alur, setidaknya ada enam mobil jenazah yang datang. Bukan hanya ambulans milik Dinas Pemakaman DKI Jakarta, juga ada mobil jenazah milik Suku Dinas Pemakaman Jakarta Utara dan swasta, Dompet Dhuafa.

Tiap satu mobil jenazah diikuti minimal oleh satu mobil yang mengangkut para keluarga.  Beberapa sepeda motor juga ikut mengiringi, kendati jumlahnya tak sebanyak pemakaman biasa.

Kendaraan yang terparkir di area makam lebih ramai ketimbang kendaraan yang melintas di jalanan di depan TPU Tegal Alur. Lantaran banyaknya jenazah yang harus dimakamkan, mobil jenazah harus antre. "Sekarang emang lebih banyak yang datang, " ucap seorang penggali makam.

"Hari ini aja (sampai pukul 15.00 WIB) sudah 10 jenazah yang dimakamin," imbuh petugas tadi.

Mobil jenazah yang antre baru diperbolehkan mendekat setelah jenazah yang lebih dulu dimakamkan, sudah diziarahi keluarganya. Proses pemakaman jenazah dengan protap Covid-19 memang relatif cepat. Setiap pemakaman, memerlukan waktu sekira 15 menit.

Makam Tanpa Nisan

Petugas makam telah mempersiapkan liang lahat dalam jumlah banyak.  Jenazah yang datang kondisinya di dalam peti dan dibalut plastik sehingga tinggal memmasukkan ke liang lahat.

Lalu petugas makam tinggal menguruk tanah.  Pusara makam bagi para jenazah yang dimakamkan dengan protap Covid-19 tak dilengkapi dengan papan nisan.  Hanya gundukan tanah saja sebagai tanda bahwa itu adalah makam yang sudah terisi.

Trump Siap Mencoba Obat Covid-19

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved