Berita Tomohon

Dapat Hak Asimilasi, Puluhan Anak Didik LPKA Tomohon Segera Dipulangkan

Puluhan anak didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tomohon berpotensi bakal segera dipulangkan

Tribun Manado / Hesly Marentek
Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tomohon 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Puluhan anak didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tomohon berpotensi bakal segera dipulangkan.

Ini menyusul adanya Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 10 Tahun 2020 dan Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Kepala LPKA Tomohon Tjahja Rediantana mengatakan, untuk jumlah pasti belum bisa dipastikan. Dikarenakan saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan Anak Didik LPKA yang sudah memenuhi syarat.

KONI Sulut Belum Terima Surat Resmi Penundaan PON Papua 2020

"Kalau dari data sementara yang pasti ada puluhan yang bisa dapat hak integritas dan hak asimilasi. Namun untuk angka pastinya kami sementara data siapa saja yang sudah memenuhi kriteria. Apalagi kan batasnya juga sampai tanggal 7 April nanti," katanya pada Tribun Manado, Kamis (2/3/2020).

Syarat yang dimaksud, untuk mendapatkan Hak asimilasi dan hak integrasi ini, menurut Tjahja, yaitu Anak Didik telah menjalani 1/2 masa pidana dan 2/3 masa pidana.

Kemudian di situ juga dilihat kelakuan baik, atau tidak sedang menjalani hukuman disiplin.

Pasien ODP Yang Diisolasi di Bolmong Bertambah, Seorang ABK Alami Demam Tinggi

"Jika memehui syarat yang dimaksud. Kemudian kami akan koordinasi dengan orang tua Anak Didik LPKA. Sehingga bagi yang telah berhak akan diterbitkan surat keputusan oleh Kepala LPKA," jelasnya.

Dia manambahkan saat ini juga pihaknya turut menunggu diterbitkan edaran dirjen terkait teknisnya seperti apa. "Teknisnya itu ada di edaran dirjen yang bakal diterbitkan. Kemudian akan ada juga dituangkan dalam Permenkumham," papar Tjahja.

Adapun saat ini, jumlah Anak didik LPKA Tomohon mencapai 119. "Total Anak didik LPKA Tomohon saat ada 119," pungkasnya. (hem)

UPDATE: Dampak Covid-19, Grand Whiz Hotel Manado Tutup Sementara

Penulis: Hesly Marentek
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved