Update Virus Corona Sulut

7 Orang Punya Kontak Resiko Tinggi dengan Pasien Corona Asal Tomohon, Dandel: Akan Diperiksa Swab

Satgas Covid-19 telah mentracing 7 orang yang Kontak Erat Resiko Tinggi dengan pasien 1535 yang baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulawesi Utara

jufry mantak/tribun manado
Juru bicara (jubir) Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Satgas Covid-19 telah mentracing 7 orang yang Kontak Erat Resiko Tinggi dengan pasien 1535 yang baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulawesi Utara.

Hal itu dikatakan Juru bicara (jubir) Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel, saat jumpa pers, Rabu (1/4/2020) malam.

"7 orang berstatus erat resiko tinggi dengan pasien 1535, telah diminta untuk melakukan isolasi diri di rumah, dengan pengawasan ketat tim medis," jelas Dandel.

Seperti yang dikatakan dr Steaven Dandel, pasien melakukan isolasi mandiri, di rumahnya. Sehingga pressing kontaknya bisa diketahui.

"Mereka akan melakukan pemeriksaan Swab. Itu untuk membuktikan apakah sudah sempat tertular atau tidak," jelasnya.

Diketahui, pemeriksaan Swab menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung maupun tenggorokan.

Dandel menjelaskan, bahwa pasien yang berKTP Kota Tomohon itu, sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), yang teridentifikasi unsur genetik dari SARS-CoV2 atau nama virus yang menyebabkan Covid-19.

"Memang sejak hari Minggu, kami sudah dapat pemberitahuan ada satu pasien dalam sampelnya yang teridentifikasi unsur genetik dari SARS-CoV2 atau nama virus yang menyebabkan Covid-19," jelas Dandel.

Dan hari ini (Rabu 1 April 2020), lanjut Dandel, mereka mendapatkan konfirmasi, yang bersangkutan telah dinyatakan positif.

"Itu sudah secara resmi diumumkan Pemerintah Pusat. Karena selama itu belum diumumkan Pemerintah Pusat, kita belum bisa menyampaikan hasil tersebut," jelasnya.

Halaman
1234
Penulis: Jufry Mantak
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved