Berita Bitung

Dinkes Bantu Tong Air Cuci Tangan, Ironisnya Sabun Bantuan Cuci Tangan Raib

Pemerintah Kota Bitung melalui Dinas Kesehatan memfasilitas masyarakat, dalam melakukan pencegahan Covid 19 dengan cara rutin mencuci tangan

Tribun manado / Christian Wayongkere
Tong Cuci Tangan di Bitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kota Bitung melalui Dinas Kesehatan memfasilitas masyarakat, dalam melakukan pencegahan Covid 19 dengan cara rutin mencuci tangan.

Menurut Jeanet Watuna kepala Dinas Kesehatan mengatakan, upaya yang sudah dan sementara dilakukan berupa penyedian tong air bersih dan sabun untuk cuci tangan.

"Sampai hari ini sudah 20 tong yang terpasang dari sasaran 40 tong air bersih, dipasang titik-titik sepanjang ruas jalan protokol kota Bitung mulai batas Kota di Sagerat hingga pelabuhan perikanan Samudera Aertembaga," tutur Watuna saat bersua dengan wartawam, Kamis (26/3/2020).

Pihak terus menggenjot, pemasangam bisa rampung dalam pekan ini sudah terpasang semuanya.

Ketrida Senang Ada Penyemprotan Cairan Disinfektan, Relawan Laskar Merah Sisir Kota Bitung

Pemasangan tong air bersih dibantu Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Duasudara.

Menurut Watuna, tujuan pemasangan tong air bersih dan sabun cuci tangan agar masyarakat menerapkan anjuran pemerintah rajin cuci tangan pakai sabun.

"Kebersihan tangan, untuk pencegahan virus Corona. Karena paling bagus menggunakan air mengalir dan pakai sabun," kata dia.

Asisten I Kerja di Rumah Jalani Protokol Covid 19, Mengaku Kondisi Tubuh Fit

Terkait dengan sabun yang diberikan satu paket dengan tong air bersih, jika habis akan disuplai ke penanggung jawab masing-masing dalam hal puskesmas.

Sedangkan untuk ketersediaan air, akan dibantu PDAM Duasudara Bitung dan pipa air di sekitar titik tong, untuk memasok mengisi ke tong jika sudah kosong.

Ironisnya, dari pantauan di lapangan sejumlah warga yang memanfaatkan tong air untuk cuci tangan terkendala sabun yang tidak ada.

Polres Minsel Minta Warga yang Datang Dari Luar Daerah Harus Melapor ke Puskesmas

"Cuma cuci tangan, tidak tau sabunnya ada di mana," ujar seorang pria yang mencuci tangan di tong yang ada di depan pintu masuk kantot walikota Bitung.

Tak hanya di situ amantan di lapangan banyak titik tong air bersih untuk cuci tangan, sabunnya sudah tidak ada.

Diduga dicuri oleh orang yang tak bertanggung jawab.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved