Nasional

Tangani Wabah Virus Corona, Kemensos Siapkan Cadangan Beras Pemerintah untuk Daerah Terdampak

Untuk menanggulangi wabah virus corona, Kemensos siapkan cadangan beras pemerintah (CBP) ke daerah terdampak.

KONTAN/Adiwinata Solihin
Direktur Pengembangan Bisnis Bulog, Imam Subowo (kedua kiri) dan Kepala Bulog Sub Divisi Regional Gorontalo, Sjamsudin (kanan) berbincang bersama warga pemilik Rumah Pangan Kita (RPK) di Kota Gorontalo, Gorontalo, Rabu (1/3/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kementerian Sosial (Kemensos) akan siapkan cadangan beras pemerintah (CBP) bagi daerah-daerah terdampak virus corona (Covid-19).

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan dan penanganan wabah Covid-19 yang dilakukan Kemensos.

"Kami menyiapkan cadangan beras pemerintah (CBP) untuk digunakan kepala daerah di seluruh daerah yang terdampak Covid-19, agar kebutuhan pangan keluarga miskin dan rentan yang mengalami kesulitan dalam memenuhi nafkah tetap terpenuhi," ujar Dirjen Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa Purnama dalam konferensi pers, Selasa (24/3/2020).

Menurut Asep, Kemensos pun sudah mengirimkan surat edaran kepada para gubernur, bupati dan walikota terkait penyiapan CBP ini.

Dia mengatakan, mereka dapat menggunakan CBP sesuai kewenangannya.

Surat edaran tersebut pun menyatakan, bila CBP di daerah terdampak masih kurang, maka para kepala daerah pun bisa mengusulkan tambahan CBP kepada Kemensos.

Asep menerangkan, Kemensos melakukan berbagai upaya dan dukungan lain yang dilakukan Kemensos dalam hal mencegah dan menganai Covid-19.

Beberapa program tersebut yakni meningkatkan bantuan program sembako, mempercepat penyaluran bantuan PKH, memberikan santuan kematian kepada ahli waris, dan membantu kebutuhan APD masyarakat dan petugas.

Dia mengatakan upaya-upaya yang dilakukan Kemensos melalui bantuan sosial ini diharapkan dapat mengurangi beban keluarga miskin dan rentan sebagai akibat dari dampak ekonomi akibat Covid-19.(*)

Artikel ini telah tayang di KONTAN dengan judul Kemensos siapkan cadangan beras pemerintah untuk daerah terdampak wabah corona.

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved