Pilkada 2020

Pilkada Manado Berpotensi Ditunda, 4 Tahapan Penting Terlewati

Penyebaran virus Covid-19, berdampak hingga pelaksanaan Pilkada serentak gubernur, bupati dan wali kota di Indonesia

Tribun Manado
Komisioner Bawaslu Manado Taufik Bilfaqih 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Penyebaran virus Covid-19, berdampak hingga pelaksanaan Pilkada serentak gubernur, bupati dan wali kota di Indonesia.

Pilkada 2020 yang direncanakan awal digelar pada 23 September berpotensi tertunda, karena adanya beberapa tahapan penting bakal terlewati.

Surat keputusan penundaan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Keputusan tersebut tertuang dalam surat bernomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/111/2020 yang ditandatangani Ketua KPU Arief Budiman pada 21 Maret 2020.

Berdasarkan dokumen, setidaknya ada empat tahapan Pilkada yang ditunda pelaksanaannya. Pertama, pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) dan masa kerja PPS.

Sejumlah Tahapan Pilkada Ditunda, Bawaslu: Keputusan Bijaksana Mencegah Penyebaran Virus Corona

Kedua, verifikasi syarat dukungan calon kepala daerah perseorangan. Ketiga, pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih dan yang terakhir adalah tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

"Empat hal tersebut sangat penting. Apalagi tahapan ini berhubungan langsung dengan masyarakat," ujar Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Manado, Taufiq Bilfaqih, Minggu (22/3/2020).

Kata dia, memang belum ada pembahasan tentang penundaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara yang rencananya dilaksanakan pada 23 September 2020.

Cegah Covid-19, KPU Bitung Tunda Tahapan Pilkada 2020

Namun, hal tersebut, sudah berpotensi. Karena empat tahapan yang dijadwalkan sejak awal bergeser. Adanya penyebaran virus Corona Covid-19 di seluruh Indonesia.

Lanjut dia, tinggal menunggu instruksi selanjutnya dari pusat, terkait tahapan yang bakal ditunda lagi.

"Kami sekarang tak bisa berbuat apa-apa, karena pekerjaan di lapangan. Sementara dibatasi. Apalagi menyangkut kumpul masyarakat," ujar dia lagi. (Ven)

Pemkot Kotamobagu Kucurkan Rp 15,4 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Penulis: Vendi Lera
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved