Virus Corona di Indonesia

Tak Singgung Opsi Lockdown, Jokowi Sebut Gugus Tugas Sebagai Langkah Ketat Tangani Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintah telah melakukan langkah dan kebijakan ketat untuk menghambat peneyebaran virus corona.

KOMPAS TV
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintah telah melakukan langkah dan kebijakan ketat untuk menghambat peneyebaran virus corona. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintah telah melakukan langkah dan kebijakan ketat untuk menghambat peneyebaran virus corona.

Untuk saat ini, Pemerintah Indonesia tidak mengambil opsi lockdown terkait virus yang bernama resmi Covid-19.

"Kita melihat beberapa negara yang mengalami penyebaran lebih awal dari kita ada yang melakukan lockdown dengan segala konsekuensi yang menyertainya," ujar Jokowi.

"Ada juga negara yang tidak melakukan lockdown tetapi melakukan langkah dan kebijakan yang ketat untuk menghambat penyebaran covid-19," kata Jokowi di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020).

Indonesia, kata Jokowi, telah mengambil langkah ketat dengan membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, yang dikepalai oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monadrdo.

"Gugus tugas ini telah bekerja secara efektif dengan mensinergikan kekuatan nasional kita. Baik pusat maupun daerah. Juga melibatkan ASN, TNI, dan Polri serta melibatkan dukungan dari swasta, lembaga sosial dan perguruan tinggi," terangnya.

Tindakan-tindakan yang diambil pun, menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, sudah sesuai dengan ketentuan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO

"Pemerintah selalu berkomunikasi dnegn WHO dan menggunakan protokol kesehatan WHO serta berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk mengatasi penyebaran covid-19," pungkasnya.

Jokowi meminta kepada seluruh rakyat Indonesia untum tidak panik terkait situasi ini

"Tetap produktif dengan meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran covid 19 ini bisa kita hambat dan bisa kita setop," pungkasnya. (Tribunnews.com/Reza Deni)

Tak Hanya Menhub Budi Karya Sumadi, Ini Sederet Pejabat Dunia yang Positif Virus Corona

Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved