Tips Kesehatan

Cara Muda Menghindari Virus Corona Agar Tak Tertular

Semua peserta didik berkumpul di lapangan. Siswa kelas 1–6, semua guru, serta pegawai lembaga turut mendengarkan paparan itu.

Pixabay
Ilustrasi virus corona - Virus Corona Telah Bermutasi, Ilmuwan China Identifikasi Dua Jenis Covid-19 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ali Efendi, Direktur Lembaga Pendidikan Al Falah Darussalam Sidoarjo menegaskan, antisipasi virus corona sangat penting bagi peserta didik. Itu disampaikan dalam sosialisasi pencegahan virus corona, Jumat (6/3/2020).

Ali menegakan, jika ada yang terinfeksi maka dampaknya sangat berat bagi dunia pendidikan. Ia juga menambahkan, anak-anak harus mengenal langsung pencegahan dari ahlinya, yaitu dokter.

Dokter Danik Ika, tenaga medis dari salah satu rumah sakit di Sidoarjo dihadirkan untuk memberikan informasi tentang virus corona bermula hingga cara penularan dan pencegahannya.

Semua peserta didik berkumpul di lapangan. Siswa kelas 1–6, semua guru, serta pegawai lembaga turut mendengarkan paparan itu.

“Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia.

"Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

"Infeksi virus ini disebut Covid-19 dan kali pertama ditemukan di kota Wuhan, Tiongkok, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain,” paparnya.

Danik juga menambahkan, penularan virus itu melalui droplet, percikan ludah ketika batuk dan bersin. Masa inkubasi (masa kali pertama virus masuk sampai timbul gelaja) adalah 1-14 hari.

Gejala awalnya batuk-pilek disertai demam, lemas, dan sakit kepala. Itu tidak saja menyerang sistem pernapasan atas, namun juga menyerang sistem pernapasan bawah, paru-paru yang disebut pneumonia.

ilustrasi Virus Corona masuk Indonesia
ilustrasi Virus Corona masuk Indonesia ((Kompas.com))

Danik memberikan tips pencegahan agar tak tertular virus mematikan itu, dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan makan yang cukup gizi. Makanan yang masuk ke dalam tubuh diubah menjadi tenaga dan imunitas. Tak lupa mencuci tangan dengan benar.

Halaman
1234
Editor: Frandi Piring
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved