Berita Mitra

Kapolda Sulut Instruksikan Tutup PETI Ratatotok

Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol Royke Lumowa MM instruksikan tutup aktivitas Pertambangan Ilegal Tanpa Izin (PETI) di Kecamatan Ratatotok

Tribun Manado / Giolano Setiay
Kapolda Sulut Sambangi Mitra 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Royke Lumowa MM instruksikan tutup aktivitas Pertambangan Ilegal Tanpa Izin (PETI) di Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Sulut.

Perintah tersebut, disusul  tindakan dari Polres Mitra yang menindaklanjuti perintah Kapolda.

Untuk itu, di bawah arahan Kapolres AKBP Robby Rahardian SIK langsung memasang Police Line di beberapa lokasi pertambangan Ilegal Ratatotok, usai diadakannya penghijauan bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey Senin (9/3/2020) kemarin.

Pada Rabu (11/3/2020), Kapolda menyambangi Polres Mitra yang dihadiri juga Bupati Mitra James Sumendap SH.

Kapolda mengatakan, ia menginstruksikan tutup PETI Ratatotok bila tak mengantongi izin.

Ayah Korban Video Pelecehan Siswi di Bolmong Maafkan Pelaku

"Masalah PETI Ratatotok, sudah sangat jelas. Dampak yang terjadi yang paling parah yakni kerusakan lingkungan. Kemudian bisa terindikasi kriminalitas akibat berebut galian tambang. Untuk itu, semua aktivitas penambang yang menggunakan alat berat dan tak memiliki izin akan ditindak tegas untuk ditutup," tandas Lumowa.

Terkait adanya aparat yang melakukan penjagaan beberapa lokasi pertambangan ilegal, Kapolda bakal mengambil tindakan tegas.

"Untuk aparat yang melakukan penjagaan di wilayah tersebut, bakal diberikan tindakan tegas. Nanti ditunggu saja seperti apa. Karena itu sama saja melakukan penjagaan ilegal di aktivitas tambang ilegal dan itu sudah sangat melanggar aturan yang berlaku," tegas Lumowa.

BREAKING NEWS: Calon Wali kota Bitung dari PDI Perjuangan, Klarifikasi Undangan dari PAN

Ia juga menjelaskan, agar masyarakat yang ingin melakukan penambangan secara tradisional agar segera membuat surat izin sesuai dengan prosedur yang ada.

"Kami tidak melarang bagi masyarakat yang melakukan aktivitas dengan penambangan secara tradisional. Akan tetapi, untuk mengikuti aturan yang ada, sebaiknya mengantongi izin yang berlaku," terang Kapolda Sulut.

Sementara itu, Bupati James Sumendap menambahkan, kepada para penambang tradisional agar mengikuti aturan yang sesuai dengan alur yang ada.

Lima Tersangka Video Pelecehan Siswi Ingin Minta Maaf ke Publik, Kapolres: Mereka Bisa Ditahan

"Sebagai pemerintah kabupaten (Pemkab) Mitra, akan menunjang bila ada masyarakat yang ingin mengurus surat izin terkait penambangan di wilayah Ratatotok secara tradisional.

Akan kami beri surat rekomendasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ini untuk menjaga keasrian lingkungan untuk generasi kita beberapa tahun mendatang," kunci Sumendap. (Ano)

Kapolda Sulut Sambangi Polres Mitra, Bupati Sumendap Ikut Menyambut

Penulis: Giolano Setiay
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved