Seseorang Bisa Memiliki dan Menularkan Virus Corona Meski Gejalanya Tak Terlihat

Kasus baru telah ditemukan oleh Peneliti Tiongkok. Mereka mengonfirmasi kasus penularan virus corona tanpa gejala.

Seseorang Bisa Memiliki dan Menularkan Virus Corona Meski Gejalanya Tak Terlihat
via Kompas.com
Gambar mikroskop elektron pemindai ini menunjukkan virus corona Wuhan atau Covid-19 (kuning) di antara sel manusia (merah). Sampel virus diambil dari seorang pasien AS yang terinfeksi. Para ahli menambahkan gambar agar lebih tampak 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kasus baru telah ditemukan oleh Peneliti Tiongkok. Mereka mengonfirmasi kasus penularan virus corona tanpa gejala.

Diketahui bahwa perempuan berusia 20 tahun asal Wuhan menyebarkan virus tersebut kepada lima anggota keluarganya, padahal ia tidak merasakan gejala sakit fisik sama sekali. 

Studi kasus ini menjadi bukti nyata pertama yang menunjukkan bahwa seseorang yang tidak memiliki gejala COVID-19 bisa menyebarkan virus tersebut kepada orang lain.

Sebuah fakta yang secara tidak langsung menyatakan bahwa penanggulangan wabah semakin sulit. 

Para peneliti di balik penemuan ini mengatakan bahwa perempuan berusia 20 tahun tersebut sudah diisolasi dan sedang diobservasi di Fifth People's Hospital of Anyang.

Ia tidak pernah sakit fisik, bahkan ketika anggota keluarganya mengalami demam. Dua di antara mereka bahkan menderita pneumonia parah. 

Berasal dari Wuhan

Perempuan berusia 20 tahun tersebut tinggal di Wuhan--kota di mana wabah COVID-19 bermula.

Namun, ia bepergian ke Anyang pada 10 Januari. Tiga hari kemudian, bersama dengan anggota keluarganya, ia mengunjungi pasien (yang tidak terkena virus corona) di Anyang Districk Hospital. 

Pada 17 Januari, salah satu anggot keluarga perempuan tersebut demam dan sakit tenggorok.

Halaman
123
Editor: Rizali Posumah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved