Kasus Virus Corona

Pemerintah Segera Evakuasi WNI yang Berada di Yokohama

Pemerintah Indonesia akan segera mengevakuasi WNI yang masih berada di Yokohama, Jepang.

Pemerintah Segera Evakuasi WNI yang Berada di Yokohama
Tangkapan Layar YouTube KyodoNews
4 WNI dinyatakan positif terinfeksi virus corona, pemerintah kini bersiap lakukan evakuasi 74 WNI di kapal Diamond Princess. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Indonesia akan segera mengevakuasi WNI ke Indonesia yang berada di Yokohama, Jepang dalam waktu dekat.

Hal tersebut dikatakan oleh Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman.

menurutnya keputusan tersebut diambil setelah pemerintah menggelar rapat teknis antara kementerian dan lembaga terkait dengan Pemerintah jepang.

"Pemerintah segera melakukan evakuasi kemanusiaan tahap 2 dari Yokohama (Jepang) dalam waktu dekat setelah melakukan rapat teknis dengan Kementerian/Lembaga terkait di dalam negeri dan Pemerintah Jepang khususnya di luar negeri," kata Fadjroel dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/2/2020).

Fadjroel menuturkan, Presiden Joko Widodo terus menerima laporan terakhir tentang keadaan Warga Negara Indonesia di Yokohama Jepang.

Jokowi, kata Fadjroel, juga memerintahkan semua pihak di dalam negeri untuk mempersiapkan evakuasi kemanusiaan tahap 2 dari Yokohama (Jepang) ini sebaik mungkin.

"Termasuk memerintahkan Kemenlu dan KBRI untuk terus memantau dan berkomunikasi dengan 78 WNI tersebut serta menyelesaikan semua prosedur evakuasi kemanusiaan tahap 2 dari Yokohama (Jepang) ke Indonesia kepada pihak Pemerintah dan otoritas lainnya di Jepang," kata Fadjroel.

Fadjroel mengatakan, evakuasi WNI dari Yokohama merupakan kelanjutan dari evakuasi 238 WNI dari Wuhan, Cina, yang kemudian diobservasi di Natuna.

Diberitakan, terdapat empat warga negara Indonesia (WNI) kru kapal pesiar Diamond Princess, di perairan Yokohama, yang terinfeksi virus Covid-19.

Adapun total WNI yang menjadi kru kapal tersebut sebanyak 78 orang.

Fadjroel mengatakan, 4 orang WNI yang dinyatakan positif terdampak virus Covid-19 sudah dirawat dengan sangat baik di rumah sakit di Jepang yang memenuhi semua protokol WHO.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah Wuhan, Pemerintah Segera Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess di Yokohama".

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved