Berita Kesehatan

Talas, Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan, Sangat Baik Untuk Penderita Diabetes

Sekarang, ada satu lagi pilihan hidangan yang aman untuk penderita diabetes, yaitu talas. Tak hanya rasanya yang lezat untuk disantap.

Talas, Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan, Sangat Baik Untuk Penderita Diabetes
Tribun Jakarta - Tribunnews.com
Talas Bermanfaat Luar Biasa bagi Kesehatan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sekarang, ada satu lagi pilihan hidangan yang aman untuk penderita diabetes, yaitu talas.

Tak hanya rasanya yang lezat untuk disantap, ternyata manfaat talas bagi kesehatan begitu melimpah.

Hal ini berkat kandungan gizi di dalam talas yang menjadikannya sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi sehari-hari untuk umum maupun untuk penderita diabetes.

Talas adalah jenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di daratan Afrika, Amerika, dan Asia. Di Indonesia, tumbuhan yang bernama latin Colocasia esculenta ini merupakan tumbuhan yang dapat disulap menjadi beraneka ragam makanan bercita rasa lezat, misalnya bolu, keripik, kolak, bubble tea, hingga es campur.

Di dalam seporsi talas (sekitar 150 gram) yang sudah dimasak, kita bisa mendapatkan 150 - 200 kalori, dimana di dalamnya terkandung 5 – 7 gram serat, sekitar 4 gram protein, 150-170 mg kalsium, 450-600 mg kalsium, 30-50 magnesium, dan 60-70 mg fosfor.

Tak hanya itu, talas juga diperkaya antioksidan, karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin B, vitamin A, serta mineral zat besi dan tembaga.

Aneka nutrisi pada talas tersebut menjadikan talas sebagai salah satu makanan yang berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi organ tubuh.

Sehubungan dengan diabetes, untuk menunjang kesehatan tubuh, kadar gula darah harus dijaga agar tetap stabil. Kadar gula darah yang terlalu tinggi, berisiko menyebabkan resistensi insulin. Apabila tidak terkontrol, gula darah yang tinggi tersebut bisa menyebabkan penyakit diabetes.

Penyakit diabetes yang tidak diobati bisa menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya, seperti kerusakan retina mata yang dapat menyebabkan kebutaan, penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan daya tahan tubuh yang lemah.

Bagi pasien diabetes, makanan yang mereka konsumsi bisa sangat memengaruhi kondisi kesehatan. Salah satu makanan yang bisa jadi sumber karbohidrat dan energi yang cocok bagi penderita diabetes adalah talas.

"Talas menjadi istimewa karena indeks glikemiknya yang rendah yakni di bawah 55. Artinya talas baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes," ucap pakar gizi Institut Pertanian Bogor, Prof. Ir. Ahmad Sulaeman.

Indeks glikemik merupakan angka pada makanan yang mengandung karbohidrat dan dampaknya terhadap gula darah. Ketika angka indeks glikemik tinggi, makanan tersebut tidak dianjurkan bagi pasien diabetes.

"Talas memang mengandung karbohidrat, tetapi ia tidak akan langsung berubah menjadi gula dalam tubuh. Itu yang membuatnya baik dikonsumsi penderita diabetes," jelas Ahmad dikutip dari nakita.grid.id

Tak hanya itu, talas juga ternyata mengandung protein walaupun sedikit. Yang penting lagi, harganya yang relatif murah tidak mengurangi beragam manfaatnya. (*)

Ramono Targetkan Suara 80 Persen untuk ODSK di Dumoga

Artikel ini telah tayang di gridhealth.id dengan judul Jangan Remehkan Talas, Ternyata Sangat Baik Untuk Penderita Diabetes

Editor: Rizali Posumah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved