Berita Nasional

Kementerian Keuangan Usulkan Kantong Plastik Dikenai Cukai Rp 30 Ribu Per Kilogram

Kementerian Keuangan mengusulkan agar kantong plastik dikenakan biaya tarif cukai untuk mengurangi penggunaan kantong plastik atau kresek.

Kementerian Keuangan Usulkan Kantong Plastik Dikenai Cukai Rp 30 Ribu Per Kilogram
Kompas.com
Rapat kerja Kementerian Keuangan bersama komisi XI DPR RI di Jakarta, Rabu (19/2/2020) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Untuk membahas Ekstensifikasi Barang Kena Cukai Berupa Kantong Plastik, Menteri Keuangan Sri Mulyani beserta jajarannya mengadakan pertemuan dengan Komisi XI DPR RI.

Dalam pertemuan tersebut Kementerian Keuangan mengusulkan agar kantong plastik dikenai biaya tarif cukai.

Besaran cukai yang diusulkan yakni Rp 30 ribu per kilogram, sedangkan per lembarnya setelah dikenakan cukai menjadi Rp 450.

Sri Mulyani mengatakan cukai kantong plastik dapat menjadi salah satu alternatif penanganan masalah pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik.

"Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sampah plastik terbesar di dunia dan menurut kami dengan adanya cukai dapat menjadi instrumen untuk mengendalikan konsumsi khususnya plastik," ujarnya dalam rapat kerja bersama komisi XI DPR RI di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Sebelumnya menurut Srimulyani Indonesia di 22 kota memang sudah memiliki peraturan daerah terhadap aturan penggunaan plastik yaitu melalui instrumen larangan.

"Masyarakat apabila ingin berbelanja di supermarket sudah dianjurkan membawa kantong sendiri yang ramah lingkungan dan apabila ingin mendapatkan kantong plastik dikenakan biaya tambahan di toko-toko dan itu berdasarkan peraturan daerah," jelasnya.

Sri Mulyani mengusulkan cukai ini diterapkan pada kantong plastik dengan ukuran 75 mikron atau yang biasa dikenal kantong kresek.

Namun, masih ada pengecualian untuk sejumlah barang.

Contohnya barang non-fabrikasi seperti kantong plastik gula.

"Jadi kalau barang yang sifatnya non fabrikasi seperti kantong plastik gula dan sejenisnya tidak dikenakan biaya cukai," jelasnya.

Apabila perencanaan ini diterima dan disetujui oleh komisi XI ketika jumlah konsumsi kantong plastik sebesar 53.532.609 kilogram per tahun maka potensi penerimaan cukainya sebesar Rp 1,6 triliun.

Sri Mulyani juga memaparkan untuk beberapa negara besar seperti negara Irlandia pada tahun 2007 besaran tarif cukainya sebesar Rp 332.990 per kilogram, Kamboja pada tahun 2016 tarif cukainya sebesar Rp 127.173 per kilogram dan Wales pada tahun 2011 tarif cukainya sebesar 85.534 per kilogramnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani Usulkan Cukai Kantong Plastik Rp 30.000 Per Kilogram".

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved