Pilkada 2020

Pilgub 2020 Sulut, Taufik Tumbelaka: Baru 2 Nama yang Pasti Diusung Parpol

Perkembangan politik terkait Pilgub Sulut 2020, baru muncul 2 nama yang dapat dikatakan pasti diusung partai politik (parpol)

Pilgub 2020 Sulut, Taufik Tumbelaka: Baru 2 Nama yang Pasti Diusung Parpol
tribunmanado.co.id/Arthur Rompis
Taufik Tumbelaka 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Taufik Tumbelaka, pengamat politik Sulawesi Utara (Sulut) memberikan pandangannya mengenai konstelasi politik jelang Pilgub Sulut 2020.

"Perkembangan politik terkait Pilgub Sulut 2020, baru muncul 2 nama yang dapat dikatakan pasti diusung partai politik (parpol)," katanya saat dihubungi oleh Tribun Manado, Senin (17/02/2020).

Lanjutnya, yaitu Olly Dondokambey (OD) yang akan diusung PDIP dan Christiany E Paruntu (CEP) atau Tetty Paruntu yang akan diusung Partai Golkar.

Sedangkan, Partai Nasdem yang dapat mengusung langsung sampai saat ini masih dalam tahapan 'menggodok' di internal.

PDIP Tetapkan ODSK, GSVL-VAP-E2L Tunggu Survei, Tetty Cari Pasangan

"Dari 2 figur yang sudah pasti diusung parpol, nampaknya baru Olly yang telah jelas ditetapkan pasangannya yaitu Steven Kandouw (SK)," jelas Taufik

Ia menyatakan, PDIP nampak percaya diri dengan duet petahana yang selama ini berjalan relatif kompak.

"PDIP nampaknya selain mengandalkan mesin parpol yang saat ini relatif solid juga akan mengantisipasi politik harmoni atau keseimbangan politik tiga zona yakni Nusa Utara, Bolmong Raya (BMR) dan Minahasa," tutur dia.

Menurutnya, figur lain selain Olly yang sudah pasti diusung yaitu Tetty nampak masih belum menentukan bakal kandidat wakil gubernur atau 'papan 2'.

Borneo FC Vs Sulut United, Reuni Gianluca-Wahyudi Bersama Dirga Lasut

"Golkar Sulut yang akan mengusung CEP terlihat masih melakukan kalkulasi dan manuver politik dikarenakan masih akan memenuhi penggenapan kursi agar dapat memenuhi persyaratan pengusungan bakal kandidat dalam Pilgub, untuk itu perlu melakukan koalisi," tambahnya.

Ia mengatakan, Golkar punya banyak pilihan dalam melakukan koalisi, beberapa parpol nampak potensial bahkan posisi partai beringin itu saat ini memiliki keuntungan.

Periode Pertama Tinggal Setahun, ODSK Genjot Pencapaian Target RPJMD
Periode Pertama Tinggal Setahun, ODSK Genjot Pencapaian Target RPJMD (Istimewa)
Halaman
12
Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved