Nasional

Begini Tanggapan Menteri Kesehatan Terawan Saat Tahu Masih Ada WNI Yang Akan Kembali ke Wuhan China

Masih ada warga negara Indonesia yang akan kembali lagi ke Wuhan China untuk melanjutkan studi, ini kata Menteri Kesehatan Terawan.

Begini Tanggapan Menteri Kesehatan Terawan Saat Tahu Masih Ada WNI Yang Akan Kembali ke Wuhan China
Kompas.com
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemulangan ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan China hingga ke tanah air bahkan sampai ke rumah masing-masing perlu proses yang tak cepat.

Ratusan WNI dari Wuhan China tak boleh langsung pulang ke rumah masing-masing, harus melewati proses karantina terlebih dahulu di Natuna.

Dan proses karantina atau observasi telah selesai dilaksanakan selama beberapa minggu. Dan WNI dari Wuhan China sudah kembali ke kediaman masing-masing.

Meski demikian nantinya masih ada WNI yang berencana kembali ke Wuhan China. Lanjutkan studi menjadi satu di antara alasannya. 

Anak Apriliya (56) termasuk salah satu warga negara ( WNI) yang diobservasi di Natuna, pasca-dievakuasi dari lokasi terdampak virus corona di Provinsi Hubei, China.

Meski di China masih terpapar virus corona, Apriliya mengatakan bahwa anaknya tetap akan tetap melanjutkan pendidikan di China.

"Tetap lanjut tetap semangat. Kata dia, 'kawan-kawan semua enggak ada yang mundur'," kata April di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Menanggapi itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan WNI baru boleh kembali ke China jika status darurat kesehatan publik internasional atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) dari World Health Organization (WHO) sudah dicabut.

"Ya kalau PHEIC sudah dicabut. Kalau PHEIC-nya masih ada, otomatis ya penerbangan ke sana juga enggak ada," ucap Terawan.

Kendati demikian, Terawan menegaskan, pemerintah akan membantu pendidikan WNI yang baru pulang dari China.

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved