Berita Bitung

ASN Protes Kena Roling, Masukkan Permohonan Hearing ke DPRD, LBH Siap Advokasi

Mutasi jabatan di jajaran Pemerintah Kota Bitung 7 Januari 2020 yang lalu, ternyata masih berpolemik

ASN Protes Kena Roling, Masukkan Permohonan Hearing ke DPRD, LBH Siap Advokasi
Tribun manado / Christian Wayongkere
ASN di Bitung Ikut Apel Belum Lama ini 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mutasi jabatan di jajaran Pemerintah Kota Bitung 7 Januari 2020 yang lalu, ternyata masih berpolemik.

Waktu itu, sebanyak 346 pejabat dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Wali Kota Bitung Max J Lomban di Balai Pertemuan Umum (BPU) kantor Wali Kota Bitung.

Ada pejabat eselon III dilantik dalam eselon IV, pejabat yang pernah menduduki posisi sekretaris dan kepala bidang dimutasi sebagai kepala seksi.

Kondisi ini oleh sejumlah pejabat yang menjadi 'korban' mempertanyakan hal itu, hingga memberikan kuasa hukum kepada seorang pengacara mengawal hal ini.

Jelang Pilkada 2020, Mendagri Melarang Pejabat Daerah Mutasi Pejabatnya

Masalah ini kemudian dilaporkan ke DPRD Bitung agar melakukan rapat dengar pendapat (RDP) atau hearing, dengan pihak terkait eksekutif pemkot Bitung.

"Perwakilan ASN yang kami dampingi untuk menguji lewat Rapat Dengar Pendapat (hearing), sudah memasukkan surat permohonan ke DPRD Bitung 4 Februari 2020," kata Michael Jacobus dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Missio Justitia penerima kuasa dari sejumlah ASN yang terkena mutasi Kamis (6/2/2020).

Pihaknya semangat menanti 'kepo' para anggota DPRD Bitung untuk menguliti akurasi pelaksanaan peraturan kepegawaian, dalam RDP nanti.

Kepo yang dimaksud Michael dalah Knowing Every Particular Object (KEPO), adalah bahasa gaul yang disematkan kepada orang yang suka mencari tahu segala hal secara detail.

Ini Daftar CASN Yang Lulus Passing Grade di Bolsel

Istilah ini juga seharusnya melekat secara konstruktif kepada para anggota DPRD, terutama dalam mengefektifkan fungsi pengawasannya terhadap eksekutif.

Mereka (legislator) memang tidak perlu menunggu permohonan hearing atau demo, karena mereka mata dan telinga rakyat bahkan mata dan telinga Hukum.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved