Lifestyle

Bahaya Kelebihan Protein, Picu Penyakit Kardiovaskular, Ini Manfaat Diet Rendah Protein

Penelitian terbaru menemukan, terlalu banyak protein dalam makanan --terutama dari sumber hewani, dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular

Bahaya Kelebihan Protein, Picu Penyakit Kardiovaskular, Ini Manfaat Diet Rendah Protein
Makanan sumber protein  

TRIBUNMANADO.CO.ID - Protein adalah nutrisi makro yang penting bagi tubuh.

Namun penelitian terbaru menemukan, terlalu banyak protein dalam makanan --terutama dari sumber hewani, dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Asam amino belerang --bahan penyusun protein yang ditemukan pada ayam, telur, dan produk hewani lainnya, sangat penting bagi kesehatan dan metabolisme tubuh.

Namun, rata-rata orang Amerika Serikat mengonsumsi lebih dari 2,5 kali jumlah asam amino sulfur yang dibutuhkan untuk kesehatan.

Nah, kelebihan asam amino sulfur inilah yang bisa memicu penyakit kronis yang berkaitan dengan penuaan.

Demikian kesimpulan dalam hasil penelitan terbaru yang diterbitkan di EClinical Magazine.

Disebutkan, para peneliti dari Penn State University College of Medicine melihat data dari 11.576 peserta dalam National Health and Nutrition Examination Survey.

Pemetaan itu dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS untuk mempelajari kesehatan, demografi, dan pola diet warga AS, berusia dua tahun ke atas dari tahun 1988-1994.

Dalam survei tersebut terungkap, asupan asam amino sulfur yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko lebih tinggi untuk penyakit kardiovaskular, berdasarkan kadar kolesterol, insulin, dan glukosa para responden.

Sebaliknya, mereka yang mengonsumsi lebih sedikit protein hewani, dan lebih sedikit asam amino sulfur, memiliki kadar kolesterol lebih rendah dan tanda-tanda gangguan fungsi ginjal dan resistensi insulin yang lebih baik.

Halaman
123
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved