Pilkada 2020

Ini Catatan KPU Sulut untuk KPU Bitung Jelang Pilkada 2020

Meidy Tinangon, Ketua Divisi Hukum dan Pengawas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut, memberi sejumlah catatan untuk KPU Kota Bitung

Ini Catatan KPU Sulut untuk KPU Bitung Jelang Pilkada 2020
Tribun manado / Christian Wayongkere
Meidy Tinangon ketua divisi hukum dan pengawas KPU Sulut menyerahkan sertifikat penghargaan dan terima kasih dari KPU kepada Bawaslu Bitung, pemkot Bitung dan forkompimda 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Meidy Tinangon, Ketua Divisi Hukum dan Pengawas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut, memberi sejumlah catatan untuk KPU Kota Bitung terkait pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Pemilihan serentak gubernur, wakil gubernur Sulut, wali kota dan wakil wali kota Bitung oleh KPU Bitung dilaunching dalam sebuah acara yang megah.

Ada penampilan tari adat, live musik dan lainnya.

Meidy katakan, dengan launching Bitung ba pilih berharap momentum tidak hanya menjadi kemegahan saat launching, tapi mejadi kemegahan pesta demokrasi kota Bitung tahun 2020.

"Bitung ukir tinta emas pada Pemilu 2020. Dari 270 daerah yang gelar pemilihan, Bitung daerah pertama kali tanda tangan naskah perjanjian hibah (NPHD), dihadari ketua KPU RI dan ketua DKPP yang telah menjadi hakim konstitusi," kata Tinangon.

Ini Tagline KPU Daerah Ini di Pilkada 2020

Lewat acara launching yang megah, akan melanjutkan catatan emas berikutnya yang akan di torehkan pada pemilihan nanti.

Dengan anggaran yang besar harus dibarengi dengan kualitas hasil besar juga dalam pemilihan di Bitung, seperti hasil pemilihan partisipatif integritas dan aman.

Dia jelaskan partisipasitif diharapkan, karena bagian terpenting dari demokrasi, partisipasi sudah teruji di pemilu 2019 dengan tingkat lebih dari target nasional 77,5 persen. Bitung lebih dari 80 persen tingkat partisipasinya.

Jelang Hasil Autopsi Lina Diumumkan, Fakta Terungkap: Lina Minum Teh Buatan Teddy Sebelum Meninggal

Segi kuantitas ditingkatkan, dan juga kualitas dari partisipasi itu, bagaimana masyarakat yang memilih suaranya berarti.

"Kami titipkan kepada KPU dan badan adhoc yang ada prosentasi surat suara rusak rendah, karena surat suara rusak berarti partisipasi masyarakat tidak berarti," tambahnya.

Mantan ketua KPU Kabupaten Minahasa ini menambahkan, secara nasional kita targetkan presentasi surat suara rusak 0,25 persen, di nasional ada di 2 persen, di Sulut lebih dari 2,5 persen.

Tidur Pakai Kipas Angin Bukan Penyebab Paru-paru Basah tapi Penyakit ini

Intensitas sosialisasi kepada pemilih ditingkatkan, agar makin meningkat.

Pilkada di Bitung hasilkan pemilihan berintegritas, mulai dari proses dan hasil, karena selama ini yang dilihat hanya hasil dari TPS sampai ke penghitungan.

"Sekarang dari proses pemilihan hingga hasil penghitungan," tambahnya. (crz)

Cerita Mahasiswa Asal Sulut dari Tiongkok: Tiket Dibatalkan, Mujizat Bisa Pulang Manado

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved